Sukses


Daftar 15 Pemain Diaspora yang Berpeluang Membela Timnas Indonesia Vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia berpeluang diperkuat 15 pemain diaspora dalam lanjutan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Siapa saja?

Sepuluh pemain di antaranya adalah alumni Piala Asia 2023, yang meliputi Elkan Baggott, Jordi Amat, Sandy Walsh, Marselino Ferdinan, Rafael Struick, Asnawi Mangkualam, Pratama Arhan, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, dan Justin Hubner.

Sementara, lima pemain lainnya ialah Saddil Ramdani, Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, Thom Haye, dan Ragnar Oratmangoen.

Namun, Saddil bisa saja tidak dipanggil pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, buntut dari Piala Asia 2023. Winger Sabah FC di Malaysia itu dicoret tanpa penyebab yang jelas.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Kans Debut Jay Idzes

Sementara, naturalisasi Jay Idzes telah rampung pada akhir Desember 2023. Perpindahan federasi bek Venezia di Italia itu sudah tuntas sehingga berpeluang menjalankan debutnya bersama Timnas Indonesia.

Sedangkan naturalisasi Nathan Tjoe-A-On, Thom Haye, dan Ragnar Oratmangoen masih berlangsung. Nama pertama bahkan tinggal diambil sumpah kewarganegaraan RI untuk menyandang status Warga Negara Indonesia (WNI).

Adapun, proses perpindahan negara Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen melambat. Sebab, proses keduanya terjebak di DPR akibat masa reses pada 7 Februari-4 Maret 2024.

3 dari 5 halaman

Peluang Ada

"Peluangnya masih ada. Di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia kan agak lebih leluasa. Hingga h minus sekian, pemain bisa didaftarkan," ucap anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga.

"Jadi begini, Nathan Tjoe-A-On, yang penting dia datang langsung kami uruskan, begitu," tutur Arya mengenai Nathan Tjoe-A-On.

PSSI sebenarnya sedang mengajukan satu pemain diaspora lagi untuk dinaturalisasi yaitu Maarten Paes. Namun, kiper FC Dallas di Major League Soccer (MLS) itu terjebak Statuta FIFA.

4 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Indonesia

Timnas Indonesia akan dua kali berhadapan dengan Timnas Vietnam dalam putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup F.

Tim berjulukan Skuad Garuda itu bakal lebih dulu bertindak sebagai tuan rumah di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada 21 Maret 2024.

Lima hari berselang, giliran Timnas Indonesia bertandang ke Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, untuk menantang Vietnam.

5 dari 5 halaman

Daftar 15 Pemain Diaspora yang Berpeluang Membela Timnas Indonesia Vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026

1. Elkan Baggott (Bristol Rovers, Inggris)

2. Jordi Amat (Johor Darul Ta'zim, Malaysia)

3. Sandy Walsh (KV Mechelen, Belgia)

4. Marselino Ferdinan (KMSK Deinze, Belgia)

5. Rafael Struick (ADO Den Haag, Belanda)

6. Asnawi Mangkualam (Port FC, Thailand)

7. Pratama Arhan (Suwon FC, Korea Selatan)

8. Shayne Pattynama (KAS Eupen, Belgia)

9. Ivar Jenner (Jong Utrecht, Belanda)

10. Justin Hubner (Wolverhampton Wanderers U-21, Inggris)

11. Saddil Ramdani (Sabah FC, Malaysia)

12. Jay Idzes (Venezia, Italia)

13. Nathan Tjoe-A-On (SC Heerenveen, Belanda)

14. Thom Haye (SC Heerenveen, Belanda)

15. Ragnar Oratmangoen (Fortuna Sittard, Belanda)

Video Populer

Foto Populer