Sukses


BRI Liga 1: Tekuk Persebaya dan Segel Tiket Championship Series, Borneo FC Dapat Kado Manis

Bola.com, Balikpapan - Borneo FC mendapat kado istimewa di hari ulang tahun klub. Tim berjulukan Pesut Etam itu sukses menang 2-1 atas Persebaya Surabaya dalam pekan ke-28 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Batakan, Balikpapan, Kamis (7/3/2024) malam.

Tepat di hari yang sama, Borneo FC resmi berusia 10 tahun atau sejak berdiri pada 7 Maret 2014 lalu. Raihan tiga poin menjadi yang istimewa. Apalagi, klub berjulukan Pesut Etam itu sempat tertinggal dulu saat menjamu Persebaya.

Pertandingan ini berlangsung dramatis karena skor masih 0-0 sampai menit ke-84. Persebaya kemudian unggul dulu lewat sepakan keras keras Toni Firmansyah dari luar kotak penalti (85’).

Beruntung, Borneo FC membalik keadaan lewat dua gol yang tercipta di injury time. Mereka terbantu gol bunuh diri winger Persebaya, Kasim Botan (90+2’). Lalu, gol penentu kemenangan lewat aksi Ikhsan Zikrak (90+7’).

“Kami mendapatkannya hari ini. Dan untuk peringatan 10 tahunnya, tentu saja itu adalah hadiah tambahan. Jadi, kami harus berterima kasih kepada Iksan atas gol hebatnya pada akhir laga,” kata Pieter Huistra, pelatih Borneo FC.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Kesulitan di Babak Pertama

Selama babak pertama, Borneo FC sangat menguasai jalannya pertandingan dan mengurung pertahanan Persebaya. Sayangnya, tak banyak peluang yang berhasil mereka ciptakan sehingga waktu turun minum dihiasi skor tanpa gol.

“Babak pertama, saya pikir kami mengendalikan sebagian besar pertandingan. Tidak menciptakan banyak peluang, satu dua. Lawan sangat terorganisasi dengan baik dalam pertahanan. Menurut saya di babak kedua, peluang pertama yang didapat lawan adalah gol,” ungkap Huistra.

“Dan kemudian itu menjadi sulit. Kami mencoba mendatangkan striker tambahan, untuk memberikan kekuatan ekstra di lini tengah. Anda hanya perlu sedikit keberuntungan dalam situasi seperti ini,” imbuhnya.

3 dari 5 halaman

Berjuang hingga Detik Terakhir

Dalam kondisi tertinggal, Borneo FC berusaha untuk mencetak gol penyeimbang kedudukan. Tanpa diduga, mereka malah mendapat “hadiah” dengan gol bunuh diri yang dilakukan oleh Kasim Botan.

Stefano Lilipaly dkk. masih terus berjuang selama waktu tambahan. Sampai akhirnya, gol penentu kemenangan disumbang oleh Ikhsan Zikrak dalam situasi kemelut di depan gawang Persebaya setelah sepak pojok.

“Tim ini berjuang hingga akhir. Kami telah berjuang sepanjang musim. Namun, saya pikir tim ini juga. Saya pikir pantas mendapatkan kemenangan. Ya, itu adalah akhir yang menarik dari pertandingan ini,” ujar arsitek tim asal Belanda itu.

4 dari 5 halaman

Lolos ke Championship Series

Hasil ini membuat Borneo FC sudah tidak terkalahkan dalam 17 pertandingan terakhir, menariknya 15 di antaranya berakhir menang.

Pesut Etam terakhir kalah justru saat tunduk 1-2 di markas Persebaya pada putaran pertama lalu, 3 September 2023.

Borneo FC memantapkan posisi di puncak klasemen dengan 66 poin dari 28 pertandingan. Mereka juga tim pertama yang memastikan diri lolos ke championship series karena sudah unggul 21 angka dari Bali United yang ada di posisi keempat dengan 45 poin.

5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer