Sukses


Daftar Pemain Muda yang Mencetak Gol Pekan ke-28 BRI Liga 1, Layak dilirik Timnas Indonesia?

Bola.com, Jakarta - BRI Liga 1 2023/2024 telah merampungkan pekan ke-28. Hasilnya, Borneo FC masih kukuh di puncak klasemen sementara liga dengan 66 poin.

Itu sekaligus membuat mereka menjadi tim pertama yang lolos ke championship series. Borneo sukses menang 2-1 atas Persebaya Surabaya pada pekan ke-28 BRI Liga 1 musim ini (7/3/2024).

Di sisi lain, ada pertandingan akbar antara Persib Bandung melawan Persija Jakarta (9/3/2024). Tim Maung Bandung sukses menang tipis 2-1 pada laga atas rivalnya tersebut.

Kemenangan itu membuat Persib tetap berada di posisi runner-up di bawah Borneo FC. Namun, selisih poin kedua tim terpaut jauh sampai 15 poin. Tim Maung Bandung baru mengoleksi 51 angka.

Lalu, ada pula pertandingan yang mempertemukan dua tim empat besar, yakni Bali United versus PSIS Semarang (8/3/2024). Tim Serdadu Tridatu sukses menang dua gol tanpa balas, dan berhak naik ke posisi ketiga, sedangkan PSIS turun ke urutan keempat.

Pertandingan pekan ke-28 telah menambah sengit persaingan BRI Liga 1 dalam perebutan championship series. Selain empat tim di atas, masih ada Madura United dan Persik Kediri yang terus menempel dan bisa masuk empat besar juga.

Selain itu, lahir pula gol-gol istimewa dari para pemain muda pada pekan ke-28. Apakah mereka layak untuk mendapat kesempatan masuk Timnas Indonesia?

Bola.com telah merangkum daftar empat pemain muda yang mencetak gol pada pekan ke-28 BRI Liga 1 musim ini. Simak ulasannya:

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Esal Sahrul (Persita)

Nama satu ini tergolong masih belia, dan baru berusia 21 tahun. Dia sukses mencetak gol pembuka Persita Tangerang ke gawang Madura United (6/3/2024). Sayangnya, Persita gagal memenangi pertandingan tersebut.

Tim Pendekar Cisadane harus menyerah 2-3 di kandang Madura United. Namun, kemunculan nama Esal Sahrul patut diperhatikan. Dia sigap menerima bola sundulan rekannya dan melepas tendangan voli ke gawang Madura United.

Esal Sahrul merupakan pemain jebolan Persita U-20. Selama musim ini, dia sudah membukukan empat gol dan satu assist dalam 18 penampilan di BRI Liga 1.

3 dari 6 halaman

Toni Firmansyah (Persebaya)

Pertandingan berlangsung dramatis terjadi saat Borneo menjamu Persebaya. Skor masih 0-0 sampai menit ke-84. Persebaya kemudian unggul lebih dulu lewat sepakan keras keras Toni Firmansyah dari luar kotak penalti (85’).

Toni memanfaatkan bola muntah yang mengarah kepadanya. Dengan satu sentuhan, dia melepas tembakan keras dan hanya membuat kiper Nadeo Argawinata melongo tanpa berupaya menghalau sepakannya.

Sayangnya, gol yang dicetak gelandang berusia 19 tahun itu tidak membantu Persebaya memenangkan pertandingan. Borneo FC pada akhirnya menang 2-1 dalam laga ini.

Nama Toni Firmansyah sudah digadang-gadang menjadi gelandang masa depan. Dia merupakan pemain jebolan Persebaya U-18. Musim ini, dia dipromosikan ke tim senior dan telah mencetak masing-masing satu gol dan assist dalam 14 penampilan.

 

4 dari 6 halaman

Ikhsan Zikrak (Borneo)

Masih pada pertandingan yang sama, muncul nama lain yang tergolong pemain muda yang mencetak gol. Toni Firmansyah telah menunjukkan kepiawaiannya dari kubu Persebaya. Kali ini, ada pula pemain muda Borneo FC.

Dalam kondisi tertinggal, Borneo sempat mendapat "hadiah" karena gol bunuh diri Kasim Botan. Skor menjadi 1-1. Namun, muncul nama Ikhsan Zikrak yang menjadi penentu kemenangan pertandingan itu bahkan pada menit melebihi keputusan wasit.

Itu berawal dari situasi sepak pojok yang kemudian melahirkan kemelut di depan gawang Persebaya. Ikhsan Zikrak kemudian melepas tembakan dengan kaki kirinya sehingga membuat laga berakhir 2-1 untuk kemenangan Borneo.

Ikhsan termasuk pemain muda yang tak banyak mendapat menit bermain. Dia memang baru tampil dalam delapan laga musim ini, namun sudah memberi kontribusi dua gol.

 

5 dari 6 halaman

Althaf Indie Alrizky (Persis)

Persis Solo perlahan mulai bangkit dan menemukan konsistensi permainan. Terbaru, Persis sukses menang 2-1 atas Barito Putera (9/3/2024).

Laskar Sambernyawa sudah unggul dulu berkat gol Alexis Messidoro yang lahir lewat eksekusi penalti (16'). Namun, Barito Putera kemudian membalas lewat aksi Gustavo Tocantins (29').

Nah, gol penentu kemenangan Persis dicetak Althaf Indie pada menit ke-58. Dia mampu menerima umpan dari Messidoro sebelum coba melepas tembakan dari sisi kiri.

Althaf masih berusia 21 tahun, namun sudah dipercaya menjadi pemain yang reguler bertanding. Eks pemain Persis U-20 itu telah membukukan 24 penampilan dan mampu menyumbang empat gol serta dua assist.

6 dari 6 halaman

Simak Persaingan Musim Ini:

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer