Sukses


BRI Liga 1 Ditunda, Persebaya Hitung Kerugian dan Pertimbangkan Ganti Rugi

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya benar-benar dibuat pusing oleh PSSI yang meminta kepada operator kompetisi Liga Indonesia Baru (LIB) untuk menunda BRI Liga 1 2023/2024.

Keputusan ini dilakukan secara tiba-tiba hasil pertemuan Komite Eksekutif PSSI dan baru diumumkan Sabtu (30/3/2024) malam. Surat dari PSSI menyebutkan bahwa Liga 1 akan ditunda dulu mulai pekan ke-31.

Alasannya, PSSI akan menggelar TC Timnas Indonesia U-23 untuk persiapan Piala Asia U-23 2024. Agenda TC rencananya akan dimulai pada 1 April 2024. Sedangkan Piala Asia U-23 2024 bakal berlangsung pada 15 April sampai 3 Mei 2024.

PT LIB juga langsung membalas surat itu di hari yang sama. Mereka menyetujui penundaan BRI Liga 1 mulai pekan ke-31. Jadwal pengganti disebutkan baru akan dikirimkan di kemudian hari dalam surat yang terpisah.

Sialnya, Persebaya Surabaya sudah terlanjur menyiapkan laga kandang pekan ke-31. Mereka dijadwalkan menjamu Dewa United di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin (1/4/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Tim Tamu Sudah Datang, Tiket Sudah Dijual

Pihak panpel Persebaya Surabaya tentu sudah menyiapkan keperluan untuk pertandingan itu. Tiket pertandingan sudah dijual. Personel keamanan juga dikerahkan untuk menggelar duel itu.

Skuat Dewa United sudah tiba di Surabaya sejak Sabtu. Kedua tim dijadwalkan juga melakoni latihan resmi sebelum pertandingan, Minggu (31/3/2024).

Ketua panpel Persebaya, Ram Surahman, terkejut dengan keputusan mendadak dari PSSI dan PT LIB. Dia bahkan mempertimbangkan kemungkinan ganti rugi atas semua yang telah disiapkan untuk laga pekan ke-31.

"Panpel masih menghitung kerugian dari pembatalan mendadak ini. Nantinya akan kami laporkan ke manajemen untuk ditimbang apakah perlu mengajukan kerugian ke LIB selaku operator," kata Ram Surahman, Minggu pagi.

3 dari 5 halaman

Keputusan Mendadak dan Merugikan

Persebaya Surabaya tentu jadi tim yang paling dirugikan atas keputusan ini. Sebab, mereka merupakan satu-satunya tim akan bertindak sebagai tuan rumah laga pekan ke-31 pada hari Senin.

Sebanyak delapan pertandingan lain masih akan digelar sampai tiga hari setelahnya, yakni pada Selasa hingga Kamis.

Keputusan ini disinyalir dibuat agar klub-klub Liga 1 berkenan melepas pemainnya ke Timnas Indonesia U-23. Sebab, klub diperbolehkan menolak melepas pemainnya karena turnamen itu bukan merupakan agenda resmi FIFA.

Sementara di sisi lain, pelatih Shin Tae-yong dibebani target lolos babak 8 besar oleh PSSI. Target itu menjadi syarat bagi Shin Tae-yong agar bisa mendapatkan perpanjangan kontraknya yang akan habis akhir Juni 2024.

4 dari 5 halaman

Tinggal 4 Pekan Tersisa, Jadwal Kompetisi Rampung Mundur?

Kini klub-klub Liga 1 yang dirugikan saat musim ini semakin mendekati akhir. Pekan ke-30 telah rampung, dan kini seluruh tim kontestan Liga 1 hanya memiliki empat pertandingan tersisa saja.

Jadwal awal Liga 1 tadinya mengatur kompetisi akan selesai pada akhir April 2024. Dengan penundaan ini, pertandingan empat pekan terakhir kemungkinan baru akan digelar pada Mei 2024.

5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer