Sukses


Deretan Pemain yang Diisukan Segera Dinaturalisasi untuk Timnas Indonesia: Striker Muda Potensial Merapat?

Bola.com, Jakarta - Setelah muncul empat pemain keturunan terbaru yang memperkuat Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, masih ada yang dirumorkan bakal segera menjalani proses naturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Timnas Indonesia belakangan mendapat suntikan kekuatan dari dua bek kelahiran Belanda, Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On. Kemudian ada Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye yang mengukir debut dalam laga melawan Timnas Vietnam.

Keempat nama ini tampaknya bukan menjadi amunisi naturalisasi terakhir yang diproses PSSI. Ada rumor yang beredar, masih ada beberapa nama yang bakal segera menyusul.

Semua pemain yang berpotensi menjadi WNI ini tercatat lahir di Belanda. Dari segi usia, sebagian besar memang masih cukup muda, sehingga memiliki masa depan yang masih panjang untuk Timnas Indonesia. Berikut ulasan Bola.com:

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Maarten Paes

 

Salah satu nama pemain yang sebetulnya sudah cukup lama digadang-gadang bakal segera menjalani proses naturalisasi ialah Maarten Paes. Dia diproyeksikan mengisi sektor penjaga gawang Timnas Indonesia.

Kiper kelahiran Belanda ini sebetulnya sudah disetujui oleh DPR RI, bersamaan dengan Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye. Namun, baru dua nama terakhir yang sudah diambil sumpahnya.

Kiper berusia 25 tahun ini masih terganjal Statuta FIFA yang berkaitan dengan Perpindahan Regulasi. Kasus ini pun sudah dibawa PSSI ke Pengadilan Arbitrase Olahraga alias CAS. Jika prosesnya lancar, dia bisa segera melanjutkan proses menjadi WNI.

3 dari 4 halaman

Ole Romeny

Nama berikutnya yang digadang-gadang bakal segera menjadi WNI ialah Ole Romeny. Pemain yang berposisi sebagai penyerang ini memang menjadi salah satu alternatif menambah kekuatan lini serang Timnas Indonesia.

Saat ini, penyerang kelahiran Nijmegen, Belanda, itu tengah berkarier bersama FC Utrecht. Dari pengakuannya, pemain berusia 23 tahun itu telah berkomunikasi dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Dari percakapan itu, Ole Romeny telah menjelaskan latar belakang keluarganya, terutama soal darah keturunan Indonesia yang diperoleh dari neneknya yang berasal dari Medan, Sumatra Utara.

 

4 dari 4 halaman

Jens Raven

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, pada awal Maret lalu sempat terbang ke Belanda memantau anak asuhnya. Yang menarik, pelatih asal Korea Selatan itu juga berjumpa pemain-pemain keturunan Indonesia.

Salah satu namanya yakni Jens Raven. Striker berusia 18 tahun ini sempat bertanding melawan Rafael Struick pada laga antara Dordrecht U-21 melawan ADO Den Haag U-21. Sejak momen itu, nama Jens Raven menjadi pembicaraan.

Striker kelahiran 12 Oktober 2005 itu kabarnya juga telah menjalin komunikasi dengan PSSI melalui agennya. Sebetulnya, dia punya potensi yang cukup besar sebab, dia sudah mencetak empat gol dari sembilan laga di kompetisi U-21 musim ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer