Sukses


8 Besar Piala Asia U-23 2024: Pelatih Korsel Waspadai Ancaman Timnas Indonesia U-23, Faktor STY?

Bola.com, Jakarta - Korea Selatan U-23 akan berjumpa Timnas Indonesia U-23 pada babak perempat final atau delapan besar Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat (26/4/2024) dini hari WIB.

Korsel U-23 berhasil melaju ke babak gugur 8 besar Piala Asia U-23 2024 setelah menjadi juara grup B dengan nilai sempurna 9. Sementara Timnas Indonesia U-23 juga melaju ke fase knock-out setelah menjadi runner-up Grup A, menemani Qatar.

Melansir media Korsel, Newsis, kubu tim berjulukan Taegeuk Warrior muda rupanya juga sangat mewaspadai Indonesia. Timnas Indonesia U-23 dianggap tim penuh kejutan dan terus berkembang di bawah polesan pelatih Shin Tae-yong.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-23 sempat kalah 0-2 dari tuan rumah Qatar pada laga pertama. Namun mereka mencatat dua kemenangan beruntun, menumbangkan Australia (1-0) dan menghajar Yordania (4-1).

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Dampak dari STY

Di kubu Korsel U-23, mereka menyapu bersih tiga laga fase grup dengan kemenangan. Sebagai juara grup B, mereka terhindar dari pertemuan dengan Qatar.

Meski demikian, Indonesia juga bukan lawan yang mudah yang untuk pertama kalinya tampil di ajang Piala Asia U-23, bahkan langsung menembus babak perempat final.

Fakto Shin Tae-yong menjadi alasannya. Ia akan melawan tim negaranya sendiri, dengan pengalaman pernah membesut Korsel U-20, U-23, dan senior di ajang Piala Dunia 2018.

Bersama Korsel U-23, STY mencapai perempat final Olimpiade Rio de Janeiro 2016, dan bersama timnas senior mampu mengalahkan Jerman di Piala Dunia 2018 Rusia.

3 dari 4 halaman

Optimistis Lolos

Pelatih Korsel U-23, Hwang Seon-hong mengaku timnya harus fokus sepanjang laga untuk bisa mengalahkan Indonesia. Meski pede, ia menaruh respek dengan kualitas Garuda Muda yang terus berkembang di bawah asuhan Shin Tae-yong.

"Ini adalah pertandingan yang harus kami menangkan. Kami akan bersiap untuk kemenangan. Saya kaget pelatih Shin menjadikan Indonesia tim yang sangat bagus. Menurut saya ini tim yang bagus. Tim yang bisa menang hanya jika waspada dan bersiap."

Kedua tim berpeluang merebut slot ke Olimpiade 2024 Paris, dengan syarat melaju jauh minimal tiga besar, atau jalur play-off melawan Guinea jika finish di peringkat empat Piala Asia U-23 2024.

4 dari 4 halaman

Pemain Andalan

Menjelang pertemuan nanti, Korsel U-23 lebih unggul atas Indonesia dengan lima kemenangan. Pertandingan terakhir adalah laga persahabatan yang diadakan di Bogor, Indonesia pada bulan Juni 2018, di mana Korsel menang 2-1.

Di sisi lain, ada sosok Marselino Ferdinan yang menjadi pemain paling berbahaya. Pemain yang kini berkarier di KMSK Deinze mendapat julukan Son Heung-min Indonesia, dan diangap sebagai pemain pertama yang harus diwaspadai Korsel.

Ferdinan bermain bagus dengan mencatat brace alias dua gol ke gawang Yordania pada laga terakhir Grup A kemarin. Dia memiliki gerak kaki yang baik dan kemampuan menyelesaikan di depan gawang.

 

Sumber: Newsis

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer