Sukses


Lolos Semifinal Piala Asia U-23 2024, Ini Hitung-Hitungan Timnas Indonesia Bisa Raih Tiket ke Olimpiade Paris

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 berhasil melenggang ke semifinal Piala Asia U-23 2024 setelah membungkam Korea Selatan lewat drama adu penalti. Hasil tersebut membuat Tim Garuda Muda selangkah lagi berlaga di Olimpiade 2024 Paris.

Melakoni partai perempat final di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Timnas Indonesia U-23 mampu mengimbangi permainan Korea Selatan. Tim Garuda Muda mencatatkan 53 persen penguasaan bola, berbanding 47 persen milik Korsel U-23.

Timnas Indonesia U-23 juga melepaskan 21 tembakan yang lima di antaranya mengarah ke gawang. Di sisi lain, Timnas Korea Selatan U-23 memperoleh dua peluang bagus dari delapan kesempatan.

Kedua tim pun harus puas bermain imbang 2-2 selama 90 menit. Sepasang gol Timnas Indonesia U-23 dicetak Rafael Struick pada menit ke-15 dan 45+3.

Adapun dua gol Taegeuk Warriors tercipta setelah Komang Tegus melakukan gol bunuh diri pada menit ke-45 dan Jeong Sang-bin menit ke-84. Korea Selatan U-23 bermain dengan 10 orang, setelah Lee Young-jun diganjar kartu meraih pada menit ke-70.

Skor imbang 2-2 membuat duel Korsel versus Timnas Indonesia U-23 berlanjut ke babak tambahan.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Babak Tambahan dan Adu Penalti

Pada babak tambahan, Timnas Indonesia U-23 semakin gencar melancarkan serangan, dan memperoleh sejumlah peluang bagus lewat aksi Justin Hubner, Nathan Tjoe-A-On, hingga Ramadahan Sananta. Namun, tidak ada satu pun peluang itu yang membuahkan hasil.

Adapun Timnas Korea Selatan U-23 lebih banyak bertahan dengan sesekali melancarkan serangan balik. Sampai 2x15 menit rampung, skor tetap 2-2. Penentuan pemenang dilanjutkan lewat adu penalti.

Pada adu penalti, Timnas Indonesia U-23 akhirnya mampu mengalahkan Timnas Korea Selatan dengan skor 11-10. Dari 12 penendang Tim Garuda Muda, hanya Arkhan Fikri yang gagal, sedangkan dua penendang penalti Korsel yang gagal adalah Kang Sang-yoon dan Lee Kang-hee.

 

3 dari 4 halaman

Tembus Semifinal

Berkat hasil tersebut, Tim Garuda Muda melenggang ke semifinal Piala Asia U-23 tahun ini. Pada babak empat besar yang berlangsung di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, 29 April mendatang, Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi pemenang antara Uzbekistan atau Arab Saudi.

Lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024 terasa spesial untuk Timnas Indonesia U-23. Ini adalah untuk pertama kalinya berlaga pada babak empat besar Piala Asia U-23, dan selangkah lagi berlaga ke Olimpiade 2024 Paris.

Lantas, seperti apa hitung-hitungan anak asuh Shin Tae-yong tersebut bisa ikut serta di Olimpiade tahun ini? Berikut ini ulasannya.

 

4 dari 4 halaman

Hitung-Hitungan Timnas Indonesia U-23 ke Olimpiade 2024

Melenggang ke semifinal Piala Asia U-23 2024 membuat satu kaki Timnas Indonesia U-23 berada di Olimpiade 2024. Tim Garuda Muda akan sepenuhnya melenggang ke Olimpiade, jika berhasil meraih kemenangan di semifinal, yakni kontra Uzbekistan atau Arab Saudi.

Namun, jika kalah pada semifinal, Timnas Indonesia U-23 bakal lolos ke Olimpiade 2024, andai mampu merengkuh kemenangan pada perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024.

Jika tetap kalah juga dalam perebutan posisi ketiga, Tim Garuda dapat terbang ke Paris untuk berlaga di Olimpiade lewat jalur playoff. Namun syaratnya, Marselino Ferdinan dkk. mampu mengalahkan wakil Afrika, Guinea, dalam duel playoff.

Video Populer

Foto Populer