Sukses


Rafael Struick Is Back, Squad NJIR Siap Beraksi Bela Timnas Indonesia U-23 Lawan Irak, Yok Bisa Yok Olimpiade!

Bola.com, Jakarta - Striker Timnas Indonesia U-23, Rafael Struick, siap beraksi kembali. Rafa absen saat Indonesia U-23 bermain di semifinal Piala Asia U-23 2024 melawan Uzbekistan lantaran akumulasi kartu kuning ketika melawan Korea Selatan di perempat final.

Penyerang ADO Den Hag itu, bisa diturunkan kembali saat Indonesia menantang Irak pada perebutan tempat ketiga di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Kamis (2/5/2024) malam WIB.

Menurut Erwan Hendarwanto, absennya Rafael Struick meninggalkan lubang di lini depan skuad Garuda Muda. Penyerang ADO Den Haag itu tidak bermain karena terkena akumulasi kartu kuning.

"Memang harus kita akui kehilangan Rafael Struick di depan sangat berpengaruh sekali, Ramadhan Sananta tampil ngotot tetapi belum bisa memberikan solusi ketika bola-bola yang di umpan dari lini tengah maupun lini belakang sering sekali hilang dengan mudah," ulasnya.

"Ditambah dengan gol dari Ferrari yang akhirnya dianulir VAR membuat kepercayaan diri pemain-pemain kita runtuh, sehingga justru permainan keras dengan emosi tinggi yang muncul dan berujung dengan kartu merah Rizky Ridho," kata Erwan.

So, kembalinya Struick akan membuat serangan Timnas Indonesia U-23 lebih matang.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Kwartet NJIR

Kembalinya Rafael Struick membuat skuad Timnas Indonesia U-23 hampir full team karena Rizky Ridho dipastikan absen akibat kartu merah.

Yang menarik, untuk melawan Irak, pemain keturunan Indonesia yang dibawa oleh Shin Tae-yong ke Qatar bakal turun semua. Selain Struick, ada Ivar Jenner, Nathan Tjoe A On, dan Justin Hubner.

Mereka kini dikenal dengan sebutan kwartet NJIR, berdasarkan huruf pertama nama depan mereka.

 

3 dari 4 halaman

Ridho Absen

Sayangnya, Tim Garuda Muda harus kehilangan pemain penting di lini pertahanannya. Pemain yang dimaksud adalah Rizky Ridho, stoper sekaligus kapten Timnas Indonesia U-23.

Pemain Persija Jakarta itu dipastikan absen karena kartu merah yang diterimanya ketika menghadapi Uzbekistan U-23 di semifinal Piala Asia U-23.

Rizky Ridho dianggap melanggar keras pemain Uzbekistan di mana kaki kanannya masuk ke area pangkal paha pemain lawan saat melakukan clearance bola.

Sejauh ini, Rizky Ridho selalu menjadi pilihan utama Shin Tae-yong di lini pertahanan Timnas Indonesia, tak terkecuali di Piala Asia U-23 2024 ini. Lalu ketika Rizky Ridho harus absen, siapa yang akan menggantikan posisinya di lini pertahanan Timnas Indonesia U-23?

4 dari 4 halaman

Nathan Jadi Bek?

Kembalinya Nathan Tjoe-A-on ke Timnas Indonesia U-23 setelah sempat pulang ke klubnya, Heerenveen, memang krusial. Pemain yang diplot menjadi gelandang Tim Garuda Muda di Piala Asia U-23 2024 ini sebenarnya adalah seorang bek tengah.

Saat membela Timnas Indonesia melawan Vietnam dalam dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Nathan diplot sebagai bek tengah. Namun, pemain yang satu ini memang punya kemampuan bermain beberapa posisi berbeda.

Hal itu yang membuatnya diplot menjadi gelandang oleh Shin Tae-yong sepanjang Piala Asia U-23 2024. Namun, dengan absennya Rizky Ridho, pelatih asal Korea Selatan itu bisa mempercayakan kembali Nathan ke pusat pertahanan tim.

Video Populer

Foto Populer