Sukses


Sekilas Clairefontaine, Lapangan Penentu Nasib Timnas Indonesia U-23 untuk Lolos Olimpiade 2024: Bakat Henry sampai Mbappe Ditemukan di Sini

Bola.com, Jakarta - INF Clairefontaine yang memiliki kepanjangan Institut national du football de Clairefontaine mendadak ramai dibicarakan publik Indonesia.

Maklum INF Clairefontaine bakal jadi tempat pertandingan playoff perebutan satu tiket ke Olimpiade 2024 antara Timnas Indonesia U-23 versus Guinea pada Kamis, 9 Mei 2024 nanti. 

Bola.com pun coba mencari tahu INF Clairefontaine yang ternyata fasilitas latihan yang dimiliki PSSI-nya Prancis: FFF. 

Clairefontaine ternyata salah satu akademi sepak bola elite dari total 16 akademi di bawah naungan FFF. Hanya pemain terbaik dari regional Ile-de-France yang boleh berlatih di sini.

Sementara akademi lainnya terletak di regional Castelmaurou, Chateauroux, Lievin, Dijon, Marseille, Ploufragan, Vichy and Reims, Reunion, Saint-Sebastien-sur-Loire, dan Guadeloupe and Talence.

Singkatnya misal seorang pemain lahir di Marseille, maka yang bersangkutan tidak boleh berlatih di Clairefontaine. 

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Dibangun 1988

Clairefontaine resmi dibuka pada tahun 1988. Clairefontaine jadi salah satu akademi terbaik milik FFF karena sepanjang sejarah melahirkan banyak pemain hebat untuk Tiimnas Prancis.

Dari data yang didapat Bola.com, Nicolas Anelka, Louis Saha, William Gallas, Hatem Ben Arfa, Abou Diaby, Medhi Benatia, Blaise Matuidi, Raphael Guerreiro, Kylian Mbappe, dan Thierry Henry.

Clairefontaine turut jadi tempat bersejarah karena di sinilah skuad Prancis saat juara Piala Dunia 1998 bermarkas.

Diketahui pada 1998, Prancis merupakan tuan rumah Piala Dunia dan pada final mengalahkan Brasil. 

3 dari 3 halaman

Sangat Luas

Clairefontaine adalah pusat sepak bola yang sangat luas, mencakup lahan seluas 56 hektar dan memiliki lahan berumput seluas 66 ribu meter persegi.

Terletak di lembah Chevreuse di jantung hutan Rambouillet, Clairefontaine memiliki beberapa tempat latihan, lapangan stadion dan bahkan lapangan dalam ruangan yang terbuat dari rumput sintetis.

Tempat ini juga mencakup gedung medis, gym, ruang kebugaran, restoran, dan kafetaria. Bahkan ada tiga lapangan tenis di lapangan.

Yuk sama-sama kita doakan, semoga Clairefontaine jadi tempat bersejarah buat Timnas Indonesia U-23 yang akan memperebutkan tiket ke Olimpiade 2024. 

Sumber: FIFATRAININGCENTER

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer