Sukses


Jawaban Misterius PSSI Mengenai Perpindahan Federasi Maarten Paes, Kapan Bisa Join Timnas Indonesia?

Bola.com, Jakarta - Maarten Paes telah resmi menjalani proses naturalisasi. Paes bahkan sudah menjalani sumpah janji setia Warga Negara Indonesia (WNI) pada Selasa (30/4/2024).

Namun, sampai saat ini masih belum jelas kapan Maarten Paes bisa membela Timnas Indonesia. Sebab, masih ada proses lain yang harus dijalani kiper kelahiran Belanda itu.

Maarten Paes pernah membela Timnas Belanda U-21 pada usia 22 tahun. Hal itu bisa menghalanginya berpindah federasi menuju Indonesia.

Kasus Maarten Paes itu bahkan sudah ada di Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS). Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga masih malu-malu ketika ditanya kabar terkini kasus itu.

"Tunggu saja," ujar Arya Sinulingga sembari tertawa selepas menghadiri Diskusi Refleksi 94 Tahun PSSI di GBK Arena, Jakarta, Sabtu (11/5/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Menunggu

Arya Sinulingga pun kembali mengulangi apa yang baru saja ia ucapkan mengenai kabar terkini proses perpindahan federasi Maarten Paes. Sosok yang juga bekerja sebagai staf ahli Kementerian BUMN itu meminta publik untuk menunggu.

"Tunggu saja," tegasnya.

Kehadiran Maarten Paes di Timnas Indonesia sangat dinantikan. Posisi itu belakangan dinilai perlu dilakukan peningkatan performa.

3 dari 4 halaman

Alasan Paes

Sementara itu belum lama ini Maarten Paes mengungkapkan alasannya mau berpindah kewarganegaraan. Paes melakukan itu demi sang nenek.

Nenek Maarten Paes memang dilahirkan di Indonesia. Sayangnya, belum lama ini sang nenek meninggal dunia.

"Saya ingin bermain untuk Indonesia karena pertama-tama, ini adalah penghormatan kepada nenek saya. Dia meninggal sebulan yang lalu dan saya sangat, sangat dekat dengannya," ujar Paes.

4 dari 4 halaman

Ambisi Besar

Maarten Paes pun memiliki ambisi besar. Kiper FC Dallas itu ingin menempatkan sepak bola Indonesia di peta sepak bola dunia.

Indonesia dinilai memiliki potensi itu. Apalagi dengan banyaknya penggemar sepak bola di negeri tersebut.

"Ya, yang ingin saya capai adalah menempatkan Indonesia di peta sepakbola. Menurut saya, ini adalah negara yang sangat besar, dengan 300 juta penduduk dan olahraga nomor satu mereka adalah sepakbola," tegas Paes. 

Video Populer

Foto Populer