Sukses


Jika Maarten Paes Gabung Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Bagaimana Posisi Ernando Ari?

Bola.com, Jakarta - Ernando Ari Sutaryadi bermain cukup memuaskan setiap kali dipercaya untuk bertanggung jawab di bawah mistar gawang, baik di Timnas Indonesia maupun timnas U-23.

Namun, posisinya di Timnas Indonesia bakal rawan jika kiper naturalisasi, Maarten Paes, sudah bisa bermain, terdekat ke putaran kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Ernando Ari tidak merasa Maarten Paes sebagai saingannya di Timnas Indonesia. Dia bahkan ingin transfer ilmu dari mantan kiper berpostur 192 cm tersebut.

Ernando menceritakan bahwa ia mendapatkan dukungan dari Maarten Paes ketika menjadi man of the match timnas U-23 berhadapan dengan Timnas Australia U-23 di penyisihan grup Piala Asia U-23 2024.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Ungkapan Ernando Ari

"Nanti sama-sama belajar. Istilahnya begitu. Maarten Paes juga sangat support menurut saya. Dia sempat komentar waktu menjado man of the match," ujar Ernando.

"Dia berkomentar di akun saya. Jadi, seperti saling support satu sama lain meskipun kami belum pernah bertemu. Jadi saya sangat senang dan terbuka jia dia datang," imbuh Ernando.

Sejak debutnya pada Desember 2021, Ernando telah mempunyai sebelas caps bersama Timnas Indonesia. Penjaga gawang bertinggi setinggi 179 cm itu 16 kali kebobolan dan empat kali clean sheet.

3 dari 4 halaman

Lewati 1 Proses Lagi

Sementara itu, Maarten Paes telah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada 30 April 2024. Penjaga gawang asal FC Dallas di Amerika Serikat itu tinggal selangkah lagi membela Timnas Indonesia.

Namun, PSSI masih merahasiakan satu tahapan untuk Maarten Paes itu, yang diduga adalah proses di Pengadilan Arbitrasi Olahraga (CAS) untuk membanding Statuta FIFA.

Tujuannya, supaya peralihan asosiasi Maarten Paes dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke PSSI di FIFA dapat dikabulkan sebagai syarat untuk berlaga dengan Timnas Indonesia.

4 dari 4 halaman

Terhambat Statuta FIFA

Berdasarkan Statuta FIFA yang terakhir terbit pada 2022, Maarten Paes dapat terhambat Pasal ke-9 tentang Perpindahan Asosiasi huruf b ayat ketiga.

"Ketika diturunkan dalam pertandingan resmi terakhirnya dalam kompetisi apa pun untuk asosiasinya saat ini, ia belum menginjak usia 21 tahun," tulis aturan tersebut.

Maarten Paes pernah dua kali memperkuat Timnas Belanda U-19, dua kali di Timnas Belanda U-20, dan enam kali untuk Belanda U-21.

Penampilan terakhir Maarten Paes di level timnas adalah bersama Belanda U-21 ketika berlaga selama 90 menit melawan Timnas Belarusia dalam babak Kualifikasi Euro U-21 2021 pada 15 November 2020.

Ketika itu, Maarten Paes yang lahir pada 14 Mei 1998, telah berumur 22 tahun.

Video Populer

Foto Populer