Sukses


Irak Terancam Oleng untuk Lawan Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Pelatihnya Digoda Korea Selatan

Bola.com, Baghdad - Timnas Irak terancam oleng untuk melawan Timnas Indonesia dalam lanjutan Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Mengapa demikian?

Pelatih Irak, Jesus Casas, masuk dalam kandidat pelatih Timnas Korea Selatan bersama tiga nakhoda lainnya meliputi Senol Gunes, Jesse Marsch, dan Javier Aguirre.

Namun, calon arsitek Korea Selatan berkurang setelah Jesse Marsch ditunjuk menjadi juru taktik Timnas Kanada pada Senin (13/4/2024).

Dalam waktu dekat, Jesus Casas akan memimpin Irak menantang Timnas Indonesia dalam partai kelima Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada 6 Maret 2024.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Loloskan Irak ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Jesus Casas juga telah meloloskan Irak ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 berkat menyapu bersih empat pertandingan, termasuk membantai Timnas Indonesia 5-1 dalam pertemuan pertama.

Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) masih mencari pelatih tetap untuk menggantikan Jurgen Klinsmann yang dipecat pasca-Piala Asia 2023. Untuk sementara, tim berjulukan Taeguk Warriors itu ditangani Hwang Sun-hong.

"KFA telah mencalonkan lima pelatih sejauh ini, dengan empat di antaranya adalah Jesus Casas, Senol Gunes, Jesse Marsch, dan Javier Aguirre," tulis media Arab, Mawazin.

"Jesus Casas telah menjadi satu di antara nama yang dicalonkan. Tetapi, keputusan untuk menerima tugas sebagai pelatih Korea Sealtan tergantung kepada Federasi Sepak Bola Irak serta persetujuannya terhadap tawaran dari KFA," ungkap Mawazin.

3 dari 3 halaman

Catatan Positif

Jesus Casas lahir di Madrid, 23 Oktober 1973. Pria berusia 50 tahun itu telah melatih Irak sejak Desember 2022. Sebelumnya, Casas berperan sebagai asisten pelatih Watford pada 2018 dan Timnas Spanyol pada 2018-2022.

Kontrak Jesus Casas sebagai pelatih Irak masih lumayan panjang, baru akan berakhir pada 31 Desember 2026. Dia sudah memimpin Irak dalam 20 pertandingan.

Hasilnya cukup positif. Jesus Casas mengantar Irak meraih 14 kemenangan, sekali seri, dan lima kali kalah. Di Piala Asia 2023, Ali Jasim dkk. dibawanya mempermalukan Timans Jepang 2-1.

Sumber: Mawazin

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer