Sukses


Media Vietnam Singgung Isu Juru Taktik Asal Prancis Masuk Jajaran PSSI sebagai Direktur Teknik Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Pandit Vietnam membahas mengenai isu Philippe Troussier ke jajaran elite PSSI sebagai Direktur Teknik Timnas Indonesia.

Media Vietnam, Soha.vn, dalam ulasannya mengklaim kalau PSSI sudah menghubungi Philippe Troussier untuk posisi Direktur Teknik. "Ini merupakan berita yang cukup mengejutkan bagi banyak fans Vietnam."

"Sebab, pelatih Troussier baru saja meninggalkan Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF), setelah mengalami kekalahan tak terlupakan, khususnya kekalahan 0-3 dari Timnas Indonesia di Stadion My Dinh," tulis Soha.

Seperti diketahui, Philippe Troussier dicopot dari jabatannya sebagai pelatih Vietnam setelah menelan dua kekalahan beruntun saat berjumpa Timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Sebelumnya pun di SEA Games 2023, Timnas Indonesia U-22 sukses menyingkirkan Vietnam pada semifinal.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Di Indonesia Bisa Berkembang

Pundit dan komentator kenamaan Vietnam, Quang Huy, mengatakan bahwa meskipun gagal total di Vietnam, Philippe Troussier punya kans sukses jika bekerja di PSSI atau Timnas Indonesia.

"Memang benar pelatih Troussier mengalami kegagalan di Vietnam, tapi kan perannya sebagai pelatih. Dia mungkin tidak lagi cocok untuk peran ini karena langsung dievaluasi. Nah, posisi Direktur Teknik berbeda."

"Posisinya lebih di belakang layar, dengan tekanan yang lebih kecil. Di posisi ini, Troussier mempunyai peluang sukses lebih tinggi jika datang ke Indonesia untuk bekerja," kata Quang Huy.

 

3 dari 4 halaman

Kenapa Bisa Cocok?

Masih dalam ulasannya, Quang Huy merasa kalau pengetahun Troussier mengenai sepak bola Eropa akan cocok dengan misi Indonesia belakangan ini, yakni berinvestasi pada usia dini.

"Indonesia sedang berinvestasi besar-besaran. Mereka baru saja gagal ke Olimpiade, tetapi mereka terus berinvestasi di sepak bola usia dini. Indonesia juga banyak mempromosikan pemain naturalisasi."

"Indonesia butuh sosok pemimpin di belakang layar dengan pengetahun luas, terutama pemahaman sepak bola Eropa seperti Troussier," katanya lagi.

 

4 dari 4 halaman

Melecut Vietnam

Lebih lanjut, pergerakan PSSI dengan merekrut Troussier sudah seharusnya melecut Vietnam untuk terus berbenah. Menurutnya, kalau ingin bersaing dengan Indonesia, maka harus bergerak strategis.

"Jadi jika sepak bola Vietnam ingin bersaing dengan Indonesia, kita juga perlu segera membangun fondasi yang lebih baik," kata Quang Huy menambahkan.

Sumber: Soha

Video Populer

Foto Populer