Sukses


Manajer Timnas Indonesia Ungkap Alasan Shin Tae-yong Tidak Memanggil Elkan Baggott

Bola.com, Jakarta - Sebanyak 22 pemain Timnas Indonesia dipanggil Shin Tae-yong jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia menghadapi Irak dan Filipina pada 6 dan 11 Juni 2024. Tidak adanya nama Elkan Baggott dalam daftar tersebut membuat publik bertanya-tanya.

Selain Elkan Baggott, ada empat pemain lainnya yang ketidakberadaannya menuai pertanyaan besar. Mereka adalah Maarten Paes, Calvin Verdonk, dan Jens Raven serta Witan Sulaeman.

Nama-nama yang bermain pada Piala Asia U-23 2024 seperti Marselino Ferdinan, Nathan Tjoe-A-On, hingga Rafael Struick kembali dipanggil. Ivar Jenner dan Ernando Ari juga masuk daftar pemain.

Namun di barisan bek, tidak ada sosok Elkan Baggott. Padahal, jadwal bersama Ipswich Town sudah tidak ada dan pemain jangkung itu semestinya bisa membela Timnas Indonesia tanpa halangan.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Penjelasan Sumardji

Manajer Timnas Indonesia, Sumardji, menegaskan bahwa pemain-pemain yang dipanggil Shin Tae-yong murni keputusannya dengan jajaran staf pelatih. Ia juga menekankan penggawa Merah Putih yang tidak dipanggil sudah didiskusikan di antara coaching staff.

"Kaitannya dengan pemanggilan yang saat sekarang ini, itu adalah sesuai dengan kebutuhan di masing-masing posisi. Jadi tidak adanya Elkan dan yang lain-lain itu coach Shin Tae-yong sudah menyesuaikan dengan tim pelatih," kata Sumardji saat dihubungi Bola.com.

Sumardji juga menyatakan tidak ada alasan lain seperti masalah-masalah non-teknis yang melibatkan Baggott dengan Shin Tae-yong maupun staf pelatih lainnya.

"Sampai dengan saat sekarang ini kita belum mendapat apa namanya laporan dari coach Shin Tae-yong berkaitan dengan situasi ini."

 

3 dari 5 halaman

Biarlah Jadi Teka-Teki

Di sisi lain, sebetulnya Timnas Indonesia masih bisa mendaftarkan satu pemain lagi. Sebab, jumlah maksimal pemain untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 adalah 23.

Sumardji tidak menutup kemungkinan Baggott atau siapapun pemain yang tak dipanggil kali ini bisa menyusul.

"Yang bisa didaftarkan 23 pemain, tapi nanti akan ada perubahan. Siapa yang akan menyusul atau ditambahkan nanti biarlah jadi teka-teki," katanya memungkasi.

 

4 dari 5 halaman

Menanti Jawaban Shin Tae-yong

Di tempat terpisah, pelatih Nova Arianto juga menegaskan bahwa tidak adanya Elkan Baggott mutlak keputusan Shin Tae-yong selaku head coach.

Ia enggan berbicara banyak dan berharap pencinta Timnas Indonesia bisa mendengarkan alasannya langsung dari Shin Tae-yong.

"Biar coach Shin Tae-yong saja yang memberikan pernyataan nanti ya," katanya singkat.

5 dari 5 halaman

Daftar Pemain Timnas Indonesia

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer