Sukses


Kiprah Pemain Timnas Indonesia di Eropa: Rafael Struick bersam ADO Den Haag U-21 Promosi ke Kasta Tertinggi

Bola.com, Jakarta Striker Timnas Indonesia, Rafael Struick dan ADO Den Hag U-21, meraih tiket promosi ke kasta tertinggi kompetisi U-21 Belanda.

Struick menjadi starter saat ADO Den Hag melawan SC Heerenven U-21, Sabtu (19/5/2024).

Kemenangan ADO Den Hag berkat gol tunggal Enoch George dan memastikan mereka naik kasta setelah terdegradasi enam bulan lalu. 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Andalan

 

Perjalanan karier Rafael Struick di dunia sepakbola dimulai dengan bersekolah di Akademi Forum Sport, lalu ia pindah ke RKAVV Leidschendam pada tahun 2020. Selang setahun, Struick bergabung dengan Akademi ADO Den Haag dan dengan cepat menunjukkan potensinya, yang akhirnya membawanya ke tim utama.

Sekarang, ia bagian dari skuat senior ADO Den Haag, dan aktif berkompetisi di liga kasta kedua Belanda, yang dikenal sebagai Eerste Divisie.

Prestasi luar biasanya menarik perhatian pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dan staf manajemennya. Awal tahun 2022 menjadi momen penting ketika Struick berhasil menonjol di radar mereka, membuka peluang emas untuk bergabung dengan tim nasional Indonesia, hingga saat ini.

 

3 dari 4 halaman

Timnas Indonesia

Anak muda ini bisa bermain di dua posisi, sayap kiri dan second striker. Dalam beberapa duel sebelumnya, Shin Tae-yong bahkan memerintahkan pemain yang masih berusia 21 tahun ini lebih masuk ke tengah sebagai gelandang serang sekaligus gelandang bertahan.

Shin Tae-yong tahu betul, Struick bisa mengembang tugas berat tersebut dan terbukti memang bisa. Pemain kepunyaan ADO Den Haag, Belanda, ini sama sekali tak tak kenal lelah. Dengan kata lain, Struick menjadi pemain paling sibuk dalam perhelatan akbar Piala Asia U23 2024 di Qatar kemarin.

Puncak kedigdayaannya tersaji saat Garuda Muda memnggiling tim kuat Korea Selatan. Banyak yang sepakat, sukses Garuda Muda memulangkan Korsel tak lepas dari performa menawan Struick.

Melawan Irak nanti, bisa dipastikan Struick akan masuk starting XI dan kembali mengemban tugas suci memimpin serangan Indonesia dari semua lini.

4 dari 4 halaman

Jadwal Kualifikasi Piala Dunia

Timnas Indonesia akan menjamu Irak dan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta pada.

Berdasarkan jadwal, duel kontra Filipina berlangsung dan 6 Juni dan lima hari berselang atau tepatnya 11 Juni giliran Filipina yang akan dijamu skuad Garuda.

Adapun saat ini, Indonesia yang tergabung di Grup F babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia bercokol di posisi kedua dengan torehan tujuh poin hasil dari dua kemenangan, satu imbang, dan satu lagi berakhir dengan kekalahan.

Kemenangan menjadi sangat penting, karena jika bisa mengalahkan Irak, maka Indonesia dipastikan melangkah ke babak ketiga dengan tabungan 10 poin.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer