Sukses


Mengenal Tom Saintfiet, Pelatih Baru Filipina dengan Segudang Pengalaman di Afrika: Siap Kejutkan Timnas Indonesia di SUGBK

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan menghadapi dua laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Satu di antaranya menghadapi sang tetangga, Timnas Filipina.

Pertandingan itu rencananya akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 11 Juni 2024. Itu akan menjadi pertemuan kedua bagi Timnas Indonesia dan Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pada pertemuan pertama yang digelar di Stadion Rizal Memorial, Manila pada November lalu, kedua tim berbagi skor 1-1. Gol Saddil Ramdani menjadi penyelamat Tim Garuda saat itu.

Saat itu Timnas Filipina masih ditukangi pelatih asal Jerman, Michael Weiss. Namun, kini sosok tersebut sudah tidak lagi menangani The Azkals.

Timnas Filipina memiliki pelatih baru sejak Februari 2024. Adalah sosok bernama Tom Saintfiet yang menukangi Kenshiro Daniels dan kawan-kawan.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Berpengalaman

Tom Saintfiet bukan sosok berpengalaman. Pelatih asal Belgia ini memiliki pengalaman yang luar biasa di dunia kepelatihan.

Tom Saintfiet pernah menjadi pelatih di Timnas Namibia, Zimbabwe, Ethiopia, Togo, Malawi, dan Gambia. Sebelum menjadi pelatih Filipina, Saintfiet menukangi Gambia.

Tom Saintfiet diharapkan kembali bisa mengangkat prestasi Timnas Filipina. Belakangan ranking FIFA mereka memang terus mengalami penurunan.

3 dari 4 halaman

Peluang Tipis

Timnas Filipina kini menempati posisi keempat alias juru kunci Grup E fase kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. OJ Porteria dan kawan-kawan baru memiliki satu poin dari empat laga.

Peluang Timnas Filipina untuk melaju ke fase ketiga sebenarnya masih ada. Namun, peluang itu bisa dikatakan sangat tipis.

Timnas Filipina perlu meraih kemenangan telak pada dua laga sisa di fase kedua. Sembari berharap Vietnam dan Timnas Indonesia terus terpeleset.

4 dari 4 halaman

Klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Grup F

 Posisi Negara Main Menang Seri Kalah SG Poin
1  Irak  4  4  0  0  12-1  12
2  Timnas Indonesia  4  2  1  1  6-6  7
3  Vietnam  4  1  0  3  2-5  3
4  Filipina  4  0   1  3  1-9  1
Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer