Sukses


3 Pemain yang Bisa Menjadi Bintang di Final Championship Series 2023/2024: Gelandang Madura United Tak Kalah Saing dengan Bomber Persib

Bola.com, Jakarta - Setelah melewati duel sengit di babak semifinal, Persib Bandung dan Madura United bersua di final championship series BRI Liga 1 2023/2024.

Partai puncak BRI Liga 1 2023/2024 ini tetap akan menggunakan sistem home and away, di mana Madura United akan lebih dulu bertandang ke Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, pada Minggu (26/5/2024).

Kemudian, beberapa hari berselang atau tepatnya pada Jumat (31/5/2024) giliran Madura United yang bakal menjamu Persib di Stadion Gelora Bangkalan.

Persib melaju ke final usai menyingkirkan Bali United dengan aggregat 4-1, sedangkan Madura United mendepak tim kuat yang juga juara regular series BRI Liga 1 musim ini, Borneo FC, dengan aggregat 4-2.

Siapa yang akan tampil sebagai juara? Maung Bandung atau Laskar Sape Kerrab? Entahlah. Yang pasti, big match terakhir BRI Liga 1 2023/2024 yang dinanti seluruh rakyat Indonesia dipastikan berjalan seru.

Soalnya, baik Persib maupun Madura United sama-sama ingin menjadikan ajang ini sebagai pelipur lara setelah gagal menjadi yang terbaik di kasta tertinggi Tanah Air.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Adu Strategi

Kedua pelatih, Bojan Hodak dari kubu Persib serta Rachmad Basuki dari kubu Madura United pastinya sudah menyiapkan jurus-jurus jitu guna memenangkan duel.

"Madura United tim yang bagus," kata Bojan Hodak merendah.

Pernyataan Boja Hodak direspons pelatih caretaker Madura United, Rahmat Basuki, juga dengan merendah.

"Persib adalah tim yang tangguh," kata Rahmat Basuki.

Dari segi pemain, Persib sedikit lebih mengilap. Ada nama-nama mentereng macam Marc Klok, Ciro Alves, Stefano Beltrame, Febri Hariyadi, dan David da Silva. Nama terakhir bahkan berstatus top scorer BRI Liga 1 2023/2024 dengan torehan 25 gol.

Madura United bukannya tanpa bintang. Hanya saja mereka dijejali pemain "biasa", tapi justru bermental luar biasa, di antaranya adalah Malik Risaldi, Koko Ari Araya, Bayu Gatra, dan Dalberto.

Meski minim pemain beken, toh Madura United mampu bercokol di posisi keempat klasemen BRI Liga 1 2023/2024, melampui tim-tim besar, yakni PSIS Semarang, Persia Jakarta, PSM Makassar, pun Persebaya Surabaya.

Oke. Sekarang, apa yang terjadi di final nanti? Siapa kira-kira yang bakal tampil sebagai bintang? Sedikitnya ada tiga pemain yang kemungkinan besar menjadi pembeda di final Championship Series BRI Liga 1 2023/2024. Siapa saja?

3 dari 6 halaman

David da Silva

 

Monster yang satu ini sangat mengerikan. Meski sudah berusia 35 tahun, bomber asa Brasil tak kalah menakutkan bagi bek-bek lawan.

Pergerakannya yang lincah dan daya terobosnya yang bak traktor, membuat Da Silva dapat dengan mudahnya menggapai kotak penalti dan selanjutnya mencetak gol.

Kebuasannya di BRI Liga 1 2023/2024 dengan torehan 25 gol bakal membuat bek-bek Madura United tak bisa tidur nyenyak.

Bisa dipastikan, pelatih Bojan Hodak, akan memerintahkan semua gelandangnya untuk lebih banyak menyuplai bola kepada predator ini.

4 dari 6 halaman

Marc Klok

Masih dari Persib, gelandang yang satu ini tak ada matinya. Pemain naturalisasi yang pernah menjadi pemain andalan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tak hanya kuat menguasai bola tapi juga punya umpan-umpan jitu.

Bagi para pemain lini terdepan, termasuk David da Silva, Narc Klok merupakan seorang pelayan yang sangat mengagumkan.

Selain itu, Marc Klok juga menjadi orang pertama yang bertugas menahan gempuran lawan dengan cara menghentikan aliran bola di lini tengah.

Tak diragukan lagi, Madura United harus kerja ekstra keras guna mematikan pergerakan playmaker 31 tahun tersebut.

5 dari 6 halaman

Malik Risaldi

Brace yang dicetaknya ke gawang Borneo FC dalam laga leg 2 semifinal championship series BRI Liga 1 2023/2024 menbawa Madura United ke final setelah menag tipis 3-2.

Bayangkan jika Malik Risaldi tak dinaungi dewi fortuna saat itu. Bisa dipastikan ceritanya akan berbeda.

Bagi sebagian orang, Malik Risaldi bukanlah siapa-siapa. Tak seperti Marc Klok yang kerap dipanggil Timnas Indonesia, Malik Risaldi justru sebaliknya. Selama kariernya, dia belum sekalipun mendapat kesempatan bermain bersama timnas.

Walaupun begitu, gelandang 27 tahun merupakan pemain yang sangat penting bagi Madura United dan salah satu idola K-Conk Mania.

Dengan 13 gol yang ia kantongi serta menjadi pencetak gol terbanyak Madura United, Persib tak boleh memandang remeh bintang yang tak banyak bicara ini.

6 dari 6 halaman

Akhir Persaingan di Premier League

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer