Sukses


BRI Liga 1: Semen Padang Mulai Serius Cari Pemain Lokal, Legiun Asing Masih Dipantau Dulu

Bola.com, Jakarta - Kompetisi Liga 1 musim 2024/2025 belum ada kepastian kapan dimulai. Tapi, tim-tim kontestan sudah mulai berburu pemain dan menyiapkan agenda untuk persiapan menyongsong musim baru tak terkecuali tim promosi Semen Padang FC.

Ya, melalui pelatih nya, Hendri Susilo, Semen Padang saat ini sedang melakukan perburuan pemain khususnya untuk para pemain lokal. Untuk pemain asing sendiri, Hendri Susilo menegaskan masih menunggu keputusan PSSI dan PT LIB terkait kuota pemain asing musim depan.

Semen Padang promosi ke Liga 1 setelah menaklukan Maluku United dengan skor tipis 1-0 di play off semi final leg kedua yang digelar di Stadion H.Agus Salim, Padang, Kamis (29/2/2024). Sedangkan di leg pertama yang digelar di Stadion Madya, Jakarta, tim berjuluk Kabau Sirah itu bermain imbang 1-1.

Sayang, Semen Padang gagal menjuarai Liga 2 musim 2023/2024 setelah takluk dari PSBS Biak baik di pertandingan away maupun kandang.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Sudah Komunikasi

Lebih lanjut pria yang pernah menukangi Persiraja Banda Aceh itu memastikan tim kepelatihan sudah memberikan nama-nama pemain yang dibutuhkan untuk mengarungi musim depan.

"Saat ini, kami tim kepelatihan dan manajemen rutin melakukan komunikasi sebagai bagian dari persiapan tim. Dan saya selaku pelatih kepala tentu saja sudah memberikan nama-nama pemain yang diperlukan. Manajemen saat ini sedang melakukan komunikasi dengan pemain-pemain tersebut," kata Hendri Susilo kepada bola.com, Selasa (21/05/2024).

"Sedangkan, untuk pemain asing kami masih menunggu kepastian kuota untuk musim depan. Tapi, kami sudah melakukan riset untuk pemain asing dan komunikasi dengan beberapa agen. Ya, semoga saja semuanya berjalan lancar," tambahnya.

 

3 dari 5 halaman

Persiapan Dibuat Periodik

Menurut Hendri Susilo, masa persiapan tim idealnya dilakukan selama dua bulan. Jika benar kabar yang menyebut kick off musim depan akan digelar minggu ketiga bulan Agustus, maka kata pelatih kelahiran Bukittinggi ini persiapan idealnya dilakukan pada bulan Juni.

Hendri menyebut selama dua bulan persiapan banyak hal yang harus dilakukan tim kepelatihan. Dari mulai mengumpulkan pemain, menggelar pemusatan latihan, hingga menggelar uji coba dengan tim-tim yang sepadan.

Lanjutnya, masa persiapan yang paling banyak memakan waktu adalah pengumpulan pemain dan menyiapkan fisik pemain.

Maklum, masih kata Hendri Susilo, Liga 1 dipastikan berjalan ketat apalagi tim-tim yang ada saat ini adalah tim-tim yang sudah malang melintang di liga teratas di tanah air itu.

"Persiapan idealnya itu ya dua bulan ya, karena kan kita harus menyiapkan dari nol dari mulai mengumpulkan pemain, fisik kemudian uji coba. Menyiapkan fisik pemain ya butuh satu bulan, sisanya adalah untuk memperkenalkan cara bermain seperti yang saya inginkan dan terakhir uji coba dengan tim yang sepadan," ungkapnya.

 

4 dari 5 halaman

Belum Bisa Pakai Stadion H. Agus Salim?

Sayang, musim depan Semen Padang FC belum dipastikan bermain kandang di Stadion H.Agus Salim. Hal itu tak terlepas dari kemungkinan renovasi total yang akan dilakukan Kementerian PUPR.

Pasca tragedi Kanjuruhan, pemerintah langsung bergerak cepat merenovasi stadion-stadion yang sudah tidak layak termasuk home base Semen Padang.

Menyikapi hal itu, Hendri Susilo menyerahkan sepenuhnya kepada manajemen. Terpenting bagi Hendri, tim bisa tampil nyaman dan all out karena sarana stadion yang representatif.

Hingga saat ini, belum ada kepastian kapan renovasi akan dimulai. Padahal, jika menilik kondisi stadion saat ini, renovasi Stadion H. Agus Salim dipastikan memakan waktu yang lama hingga layak dipakai Semen Padang FC di Liga 1.

"Kita akui memang, stadion Semen Padang saat ini memerlukan banyak perbaikan. Dan tentunya, perbaikan itu akan memakan waktu yang lama juga. Saya sendiri sudah berdiskusi dengan manajemen terkait kemungkinan-kemungkinan lainnya, termasuk jika harus memakai stadion lain sementara," ungkapnya.

"Tentu saja, kami menilai sebuah kerugian jika kami tidak mendapatkan sokongan penuh dari masyaratak Sumbar terutama suporter. Tapi, saya yakin dimanapun Semen Padang bermain, warga asal Sumbar yang banyak tersebar di berbagai daerah akan setia, jadi tidak akan kehilangan dukungan," tambahnya.

 

5 dari 5 halaman

Minta Dukungan Suporter

Terakhir, Hendri Susilo berharap musim depan Semen Padang bisa bersaing dengan klub-klub lain. Meski dipastikan setiap pertandingan berjalan ketat, bukan hal yang mustahil Semen Padang FC berprestasi musim depan, asalkan semua pihak termasuk stakeholder sepak bola di Sumbar bergandengan tangan mendukung perjuangan SFC dalam setiap laga.

"Ya tentu, di Liga 1 setiap pertandingan akan berjalan ketat. Dan akan menjadi tantangan tersendiri karena memang sudah seperti itu jika berada di liga teratas."

"Tentu saya akan berjuang keras bersama pemain dan official serta manajemen agar musim depan Semen Padang mampu berprestasi. Yang penting dukungan penuh dari masyarakat Sumbar khususnya dari suporter," "Hendri Susilo mengakhiri pembicaraan.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer