Sukses


Piala AFF 2024: Jumpa Timnas Indonesia, Media Vietnam Merasa Diuntungkan

Bola.com, Jakarta Pengundian Piala AFF 2024 telah rampung dilakukan pada Selasa (21/5/2024) siang WIB. Timnas Indonesia akan bersaing dengan Vietnam sejak fase grup.

Proses undian Piala AFF 2024 berlangsung di Hanoi, Vietnam, dan dilakukan para petinggi AFF hingga perwakilan sponsor. Dalam undian tersebut, Timnas Indonesia berada di pot 2 bersama Malaysia.

Berdasarkan hasil undian, Tim Garuda menempati Grup B berisikan lima tim bersama Vietnam, Filipina, Laos, serta Myanmar. Dari keempat tim itu, Timnas Vietnam bakal menjadi lawan terberat Timnas Indonesia.

Media Vietnam, Soha, mengklaim Timnas Vietnam akan lebih diuntungkan saat bersua Timnas Indonesia di Grup B. Sebab, skuad The Golden Star dijadwalkan menjadi tuan rumah saat berhadapan dengan Tim Garuda di Stadion My Dinh, Hanoi, 30 November 2024.

“Menurut penilaian para ahli, kedua tim Vietnam dan Indonesia diperkirakan akan bersaing ketat untuk memperebutkan posisi teratas grup. Dan dalam perlombaan kali ini, tim besutan pelatih Kim Sang-sik memiliki keunggulan yang cukup signifikan,” tulis Soha, Selasa.

“Secara spesifik, sesuai jadwal panitia penyelenggara, tim Vietnam akan bermain di kandang sendiri melawan Timnas Indonesia. Pada saat yang sama, pemain Vietnam juga akan memiliki lebih banyak waktu istirahat.”

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Tandang ke Vietnam

Ya, Timnas Indonesia terpaksa melakoni partai tandang melawan Vietnam. Hal ini dikarenakan setiap tim Grup B akan menjalani empat pertandingan, perinciannya adalah dua kali kandang dan dua kali tandang.

Tim Merah Putih akan lebih dulu menjalani partai tandang melawan Myanmar (24 November) dan Vietnam (30 November).

Timnas Indonesia bakal berstatus sebagai tuan rumah di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, saat menghadapi Laos (27 November) dan Filipina (7 Desember).

3 dari 4 halaman

Vietnam Lebih Diuntungkan

Jadwal itu juga cukup merepotkan, karena Timnas Indonesia terpaksa bertanding ke luar negeri dulu, baru kembali ke Jakarta. Hal itu juga berlaku untuk dua pertandingan terakhir.

Sementara itu, Vietnam lebih diuntungkan jadwal Grup B. Vietnam akan bertandang ke Laos, negeri tetangga pada 24 November. Laga berikutnya, mereka menjamu Timnas Indonesia pada 30 November.

Dari sini terlihat Timnas Vietnam memiliki waktu lima hari rehat untuk menghadapi Tim Garuda. Bandingkan dengan Timnas Indonesia cuma punya jeda dua hari saja, karena melakoni tiga laga beruntun.

 

4 dari 4 halaman

Timnas Indonesia Unggul atas Vietnam

“Tim Vietnam akan bertamu di Laos pada 24 November, kemudian menjalani pertandingan kedua dan memiliki waktu 5 hari untuk mempersiapkan penyambutan Indonesia di Stadion My Dinh pada 30 November,” tulis Soha.

“Sementara tim asuhan pelatih Shin Tae-yong akan berangkat ke Myanmar untuk melakoni laga pembuka (24 November), lalu pulang kampung menyambut Laos (27 November). Tim Indonesia kemudian harus segera terbang ke Hanoi untuk memainkan pertandingan penting perebutan posisi teratas grup bersama tim Vietnam.”

Terlepas dari itu, Timnas Indonesia kini selalu diunggulkan saat bersua Vietnam. Sebab, kali terakhir kedua tim bertemu, Shin Tae-yong sukses membawa Skuad Garuda mempermalukan Vietnam dengan skor 3-0 di Stadion My Dinh, Hanoi, 26 Maret 2024.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer