Sukses


Kim Sang-sik Dinilai Perlu Waktu untuk Perbaiki Timnas Vietnam, Bisa Kejar Timnas Indonesia?

Bola.com, Jakarta - Timnas Vietnam sedang memulai era baru. Belum lama ini Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) memilih pelatih baru.

Kim Sang-sik resmi menjadi pelatih baru Timnas Vietnam. Sosok asal Korea Selatan itu menggantikan posisi Philippe Troussier.

Timnas Vietnam memutuskan memecat Philippe Troussier pada Maret lalu. Dua kekalahan dari Timnas Indonesia dalam lanjutan fase kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 menjadi salah satu penyebabnya.

Bola.com berkesempatan berbicara dengan Hoang Duy Anh. Hoang adalah wartawan lokal Vietnam yang bekerja untuk VTVcab. Ia sudah lama mengikuti kiprah The Golden Star Warriors.

"Kim Sang-sik  belum punya pengalaman bekerja di level Timnas," buka Hoang Duy Anh.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Saran dari Park Hang-seo

Hoang Duy Anh merasa Kim Sang-sik memiliki koneksi yang baik. Kim juga dinilai memiliki hubungan yang baik dengan pelatih Timnas Vietnam sebelumnya, Park Hang-seo.

Menurut Hoang Duy Anh, Kim Sang-sik sangat mungkin untuk meminta saran kepada Park Hang-seo bagaimana cara beradaptasi dengan baik di Timnas Vietnam.

"Kelebihannya, dia mempunyai koneksi yang baik. Dia mungkin mendapat saran Park Hang Seo untuk beradaptasi lebih baik dengan sepak bola Vietnam," katanya.

3 dari 4 halaman

Tak Akan Langsung Sukses

Kim Sang-sik dinilai tak akan langsung sukses di Timnas Vietnam. Hoang Duy Anh merasa ada beberapa hal yang menjadi kendala.

Pertama, skuad terkini Timnas Vietnam berisi banyak pemain veteran. Mereka dinilai sudah tidak sebaik lima atau 10 tahun yang lalu.

"Skuad Timnas Vietnam yang diumumkan kemarin sebagian besar adalah veteran. Untuk lebih jelasnya, banyak dari mereka yang tidak sebaik sebelumnya." jelas Duy Anh.

4 dari 4 halaman

Kejar Timnas Indonesia

Hong Duy Anh juga berbicara mengenai persaingan dengan negara Asia Tenggara lain. Terutama di Grup F fase kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia dan Timnas Filipina.

Duy Anh merasa Timnas Indonesia saat ini sedikit lebih maju ketimbang Vietnam. Sementara Filipina juga tetap solid.

Persaingan semakin ketat ketika Indonesia lebih maju. Tim Filipina meniru metode Indonesia untuk memberikan kekuatan bagi tim," tandasnya. 

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer