Sukses


Mantap! Progres Pembangunan Training Center Timnas Indonesia di IKN Dapat Pujian dari FIFA

Bola.com, Jakarta - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menjelaskan progres pembangunan Training Center PSSI di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang hampir selesai. Bahkan, perkembangannya turut mendapat pujian dari FIFA.

Erick Thohir menjelaskan, perwakilan FIFA sudah melihat progres pembangunan Training Center PSSI yang terletak di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur itu. Dia bilang, FIFA mengapresiasi pekerjaan ini.

“Alhamdulillah progres Training Center PSSI Tahap 1 di IKN sudah hampir rampung. Perwakilan FIFA juga sudah sempat meninjau dan memberikan pujian untuk progres pembangunan TC PSSI di IKN,” tulis Erick Thohir, Selasa (28/5/2024).

“Pembangunan Training Center PSSI ini menjadi fondasi awal kami untuk bisa menciptakan tim nasional yang bisa bersaing di level dunia,” ujar lelaki yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN tersebut.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Progres Pembangunan

Dalam video yang diunggah akun Instagram Erick Thohir itu, terdapat penjelasan mengenai progres pembangunan fasilitasnya. Yang pertama, pembangunan asrama pemain sudah mencapai 92%.

Dari tayangan video, dapat dilihat fasilitas-fasilitas yang tersedia dalam setiap kamar siap pakai. Selain ranjang, kamar-kamar tersebut juga sudah dilengkapi meja dan berbagai perabotan lainnya.

Sementara itu, ada dua lapangan yang dibangun di IKN. Progres untuk lapangan dengan rumput alami sejauh ini mencapai 90%, sedangkan lapangan latihan yang menggunakan rumput sintetis mencapai 89%.

Dua lapangan latihan tersebut dibangun di tengah hamparan hutan. Lanskap pepohonan hijau yang mengitari area Training Center PSSI ini menciptakan suasana yang sejuk dan segar dipandang.

3 dari 4 halaman

Tahap Berikutnya

Pembangunan ini sudah dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo bersama Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, serta FIFA Regional Director Asia Oceania, Sanjeevan V Balasingam, pada 9 September 2023.

Training Center berada di atas lahan IKN seluas 34,5 hektar yang berisikan delapan lapangan beserta infrastruktur dan fasilitas pendukung lainnya seperti asrama, kolam renang, hingga sport science.

Untuk pembangunan fase pertama, Training Center PSSI di IKN ini akan didirikan dua lapangan dan tempat penginapan untuk pemain serta pelatih yang ditargetkan rampung selama enam bulan.

Sebagai informasi, sumber pendanaannya berasal dari program FIFA Forward yang diperoleh PSSI mencapai Rp85,6 miliar. Sementara itu, pemerintah pusat juga menggelontorkan anggaran sebesar Rp95 miliar.

4 dari 4 halaman

Unggahan PSSI

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Erick Thohir (@erickthohir)

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer