Sukses


Kilas Balik Pertemuan Timnas Indonesia Vs Tanzania: Saat Kurniawan Dwi Yulianto Menggila di Lini Depan Garuda

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan menghadapi pertandingan uji coba melawan Timnas Tanzania menjelang lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Dalam catatan sejarah, skuad Garuda pernah unggul atas lawannya tersebut.

Menurut jadwal, duel latih tanding antara Timnas Indonesia melawan Tanzania itu bakal berlangsung di Stadion Madya, Senayan, Minggu (2/6/2024). Bagi Shin Tae-yong, laga uji coba ini sangat krusial bagi anak asuhnya.

Pasalnya, tim pelatih membutuhkan laga kompetitif untuk mengecek kondisi pemainnya karena kompetisi di Eropa hingga BRI Liga 1 sudah mulai libur. Sehingga, bagi STY, hasil akhir dari pertandingan ini tidak dianggap penting.

"Pasti performa pertandingan menurun, memang pas juga pikiran saya dan pikiran pssi jadi akhirnya kita ambil match lawan Tanzania, di luar hasil menang kalah tujuannya hanya akan cek kondisi para pemain seperti apa," jelas Shin Tae-yong.

Sebetulnya, ini bukan kali pertama bagi Timnas Indonesia menghadapi Tanzania di pertandingan internasional. Jika melakukan kilas balik pertemuan antara keduanya, ada catatan menarik dari laga tersebut.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Keunggulan Skuad Garuda

Jika berbicara soal rekor pertemuan, Timnas Indonesia dan Tanzania memang baru satu kali saja berjumpa. Menurut situs 11v11.com, momen pertemuan antara keduanya tersaji pada 14 September 1997.

Dalam duel yang berlangsung di Stadion Siliwangi, Bandung itu, skuad Merah Putih berhasil unggul telak dengan skor 3-1. Sejak babak pertama, Timnas Indonesia langsung tancap gas menggulingkan Tanzania.

Berdasarkan data yang dihimpun situs Footballdatabase.eu, setidaknya sudah ada tiga gol yang saat itu tercipta ketika laga menginjak paruh pertama. Gol pembuka dicetak oleh Fakhri Husaini pada menit ke-22.

Tanzania sempat membalas pada menit ke-23 lewat Edibilly Lunyamila. Namun, Kurniawan Dwi Yulianto sukses membawa timnya kembali unggul lewat gol menit ke-28. Striker yang akrab disapa Si Kurus ini kembali menjebol gawang lawan pada menit ke-83.

3 dari 4 halaman

Menanti Kekuatan Tanzania

Pertandingan melawan Tanzania yang berlangsung 27 tahun silam itu merupakan rangkaian persiapan Timnas Indonesia menjelang terjun di SEA Games 1997 Jakarta. Setelahnya, skuad Garuda menjajal kekuatan Selandia Baru.

Hasilnya, Timnas Indonesia ketika itu mampu unggul 5-0. Setelah bentrokan itu berlangsung nyaris tiga dekade lamanya, keduanya akan kembali berjumpa dalam laga persahabatan menuju Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Menjelang dua laga krusial ini, Timnas Indonesia sudah mengumumkan 22 pemain yang akan dipanggil untuk menghadapi dua laga terakhir Grup F melawan Irak (6 Juni 2024) dan Filipina (11 Juni 2024).

Laga ini sangat krusial untuk memuluskan langkah tim Merah Putih menuju Putaran Ketiga. Peluangnya memang terbuka karena anak asuh Shin Tae-yong hanya butuh satu kemenangan dari dua laga ini.

4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingab

Uji Coba

Minggu, 2 Juni 2024

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer