Sukses


Persiapan Piala AFF U-16 2024 di Kota Solo Kurang dari Sebulan, Panpel Optimistis Tidak Ada Perbaikan Besar

Bola.com, Jakarta Kesiapan Kota Solo untuk menyelenggarakan ajang Piala AFF U-16 2024 yang bakal berlangsung pada 21 Juni hingga 4 Juni 2024 mulai diinspeksi oleh Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) dan PSSI.

Pengecekan dilakukan di sejumlah stadion dan lapangan latihan di Kota Solo pada Selasa (28/5/2024). Dua lokasi utama yang dituju ialah Stadion Manahan dan Stadion Sriwedari yang bakal menjadi venue pertandingan.

Selain itu, ada pula beberapa lapangan yang disiapkan sebagai lokasi latihan para peserta Piala AFF U-16 2024, mulai dari Lapangan Kottabarat, Lapangan Banyuanyar, Stadion UNS, hingga Lapangan Sriwaru.

Ketua Panpel Persis Solo, Ginda Ferachtriawan, yang mendampingi sidak ini mengatakan, pengecekan dari AFF dan PSSI nantinya bakal menghasilkan rekomendasi kepada pihak pengelola.

“Jadi, hasil pengecekan venue-venue ini nantinya akan menghasilkan rekomendasi, termasuk salah satunya apakah memang perlu ada perbaikan,” kata lelaki yang pernah menjabat sebagai Manager Venue pada Piala Dunia U-17 2023 itu.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Perbaikan Minor

Ginda mengatakan, venue-venue yang menjadi warisan hajatan Piala Dunia U-17 2023 ini sudah sesuai standar FIFA. Oleh karena itu, dia optimistis jika tak perlu ada renovasi besar-besaran untuk Piala AFF U-16 2024.

“Kami meyakini bahwa stadion-stadion dan lapangan yang berada di Kota Solo ini sudah layak semua dengan standar yang dibutuhkan, mengingat kita pernah menyelenggarakan Piala Dunia U-17 2023,” ujarnya.

“Mestinya kalau nanti ada perbaikan, pasti perbaikan yang sifatnya minor saja. Namun, secara umum, saya berharap tidak ada masalah dengan venue-venue yang akan digunakan,” ia menambahkan.

3 dari 4 halaman

Waktu Tidak Mepet

Sebagai informasi, masa persiapan menuju hajatan Piala AFF U-16 2024 hanya tinggal menghitung hari. Pasalnya, pemerintah setempat hanya punya waktu kurang dari sebulan untuk persiapan.

Namun, menurut Ginda, ketersediaan waktunya sudah cukup. Sebab, dilihat dari kondisi stadion dan lapangan yang akan digunakan, semuanya sudah siap pakai karena selama ini terawat dengan baik.

“Saya rasa waktunya tidak mepet ya. Secara fasilitas, kita tidak ada masalah. Kalaupun nantinya ada perbaikan, saya pikir sifatnya hanya minor saja,” ujar lelaki kelahiran Belanda itu.

4 dari 4 halaman

Pemusatan Latihan

Menjelang bergulirnya Piala AFF U-16 2024, Timnas Indonesia U-16 yang berada di bawah asuhan Nova Arianto saat ini tengah melangsungkan pemusatan latihan (TC) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Selain TC, Timnas U-16 juga mendapat sejumlah agenda uji coba melawan klub lokal. Skuad asuhan Nova Arianto rencananya akan mulai berpindah ke Kota Bengawan pada akhir pekan ini untuk mematangkan persiapannya.

 

Caption: Kondisi rumput Stadion Sriwedari, Solo, saat dikunjungi perwakilan AFF dan PSSI untuk mengecek kesiapan lokasi ini sebagai salah satu venue pertandingan Piala AFF U-16 2024. 

Video Populer

Foto Populer