Sukses


Persaingan Akhir Top Scorer BRI Liga 1: Didominasi Pemain Asing, David da Silva Sulit Dikejar

Bola.com, Jakarta - Kompetisi BRI Liga 1 2023/2024 semakin mendekati akhir. Persib Bandung sedang di atas angin untuk menjadi juara setelah leg pertama laga final championship series sukses menang 3-0 atas Madura United (26/5/2024).

Kini, penentuan juara dilakukan dengan Madura United menjadi tuan rumah. Persib akan menjalani lawatan dalam leg kedua final di Stadion Gelora Bangkalan, Bangkalan, Jumat (31/5/2024).

Persaingan untuk mendapat titel individu top scorer BRI Liga 1 sudah tidak berjalan dengan baik. Sebab, hanya pemain empat klub championship series saja yang masih berpotensi menambah rekening gol.

Terlepas dari itu, daftar pencetak gol menunjukkan bahwa Liga 1 musim ini masih didominasi pemain asing. Dari 10 besar, hanya muncul satu nama lokal, yakni winger Madura United, Malik Risaldi, yang mencetak 13 gol.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Dominasi Pemain Ekspatriat

Sembilan sisanya adalah pemain asing. Bahkan, ada tiga pemain yang mencetak gol dengan jumlah yang sama dengan Malik. Mereka adalah Matias Mier (Bhayangkara FC), Gustavo Tocantins (Barito Putera), dan Felipe Cadenazzi (Borneo FC).

Dari tiga nama itu, hanya Cadenazzi saja yang berpotensi untuk menambah koleksi golnya karena Borneo masih akan memainkan leg kedua perebutan tempat ketiga (30/5/2024). Namun, jumlah golnya masih jauh dari top scorer.

3 dari 5 halaman

Striker Lokal Tenggelam

Berikutnya adalah Kenzo Nambu yang mencetak 14 gol untuk PSM Makassar. Lalu, ada tiga nama juga yang sama-sama sudah mencetak 16 gol. Mereka adalah Gustavo (Persija Jakarta), Junior Brandao (Bhayangkara FC), dan Ciro Alves (Persib Bandung).

Alex Martins ada di posisi ketiga dengan 21 gol untuk Dewa United. Kemudian nama Flavio Silva berada di posisi kedua menyumbang 23 gol untuk Persik Kediri. Dua nama ini sudah tidak mungkin menambah rekening gol.

4 dari 5 halaman

DDS Enggak Ada Obat

Nah, posisi top scorer dihuni oleh striker Persib Bandung, David da Silva, yang sudah mencetak 29 gol. Dia berpotensi untuk meraih gelar individu pertamanya sejak berkarier di Liga 1 mulai 2018 bersama Persebaya Surabaya.

David da Silva juga masih berpeluang membawa Persib menjuarai Liga 1 musim ini. Dua gelar itu akan jadi prestasi sempurna untuk striker asal Brasil itu yang dikenal memiliki kemampuan mencetak gol yang sangat berkualitas.

5 dari 5 halaman

Tengok Persaingan di Musim Ini

Video Populer

Foto Populer