Sukses


Ada Kabar Regulasi 8 Pemain Asing untuk Liga 1 2024 / 2025, Persebaya Ogah Buru-buru Bersikap

Bola.com, Surabaya - Manajemen Persebaya Surabaya tidak ingin buru-buru dalam merekrut pemain asing. Sebab, mereka masih menunggu keputusan resmi terkait kuota pemain asing untuk Liga 1 musim depan.

Muncul kabar bahwa ada perubahan kuota tersebut. Rencananya, ada kuota delapan pemain asing yang boleh didaftarkan oleh masing-masing klub Liga 1 musim depan.

Angka itu meningkat dari musim ini yang hanya boleh mendaftarkan enam pemain asing. Rinciannya adalah lima pemain bebas konfederasi dan satu harus berasal dari negara ASEAN.

Direktur Operasional Persebaya, Candra Wahyudi, menyebutkan bahwa pihaknya tidak ingin buru-buru membuat keputusan terkait perekrutan pemain asing.

“Makanya terkait perburuan pemain, apakah itu lokal atau asing, kami harus lebih hati-hati. Soal pemain asing kami pasti akan lebih detail untuk memutuskan. Di beberapa hal yang kami anggap penting, kami harus amankan dulu pemain-pemain asingnya,” kata Candra Wahyudi.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Berubah-ubah

Seperti diketahui, regulasi pemain asing telah mengalami perubahan. Sejak musim 2017 sampai 2022/2023, slot pemain asing dibatasi hanya empat dengan satu di antaranya harus berasal dari negara anggota AFC.

Sedangkan musim ini, setiap klub diperbolehkan mendaftarkan enam pemain asing, dengan satu di antaranya harus berasal dari negara ASEAN atau Asia Tenggara.

Persebaya sendiri hanya memiliki lima pemain asing saja di putaran kedua lalu karena gelandang asal Singapura, Song Ui-young, telah memilih hengkang. Song kini kembali membela klub lamanya, Lion City Stars.

Satu di antara lima pemain impor Persebaya adalah bek asal Serbia yakni Dusan Stevanovic. Sedangkan empat lainnya berasal dari Brasil, yaitu bek Yan Victor, winger Robson Duarte, winger Bruno Moreira, dan striker Paulo Henrique.

3 dari 5 halaman

Pilih Menunggu

Candra Wahyudi juga masih enggan menyebutkan bagaimana proses pihaknya dalam menyikapi kontrak pemain asing. Sebab, dia ingin menunggu kepastian regulasi Liga 1 musim depan yang mungkin saja berubah.

“Karena pemain asing ini, kami juga akan menunggu regulasi juga. Seperti kami tidak menyangka juga kalau musim ini regulasinya berubah dari empat menjadi enam, terus ada kuota ASEAN dan sebagainya,” ujar Candra.

Persebaya sendiri berupaya berbenah untuk musim depan. Mereka harus puas meraih posisi ke-12 klasemen akhir BRI Liga 1 2023/2024 dan itu jadi musim terburuk Bajul Ijo sejak berkiprah di Liga 1.

“Ya, memang kami harus mengakui bahwa dinamika Persebaya tahun ini sedikit luar biasa dibandingkan musim-musim sebelumnya. Itu pasti akan menjadikan banyak catatan, jadi banyak pelajaran bagi kami juga,” imbuh Candra.

4 dari 5 halaman

Pertahankan Bruno Moreira

Sampai sekarang, Persebaya masih mengumumkan satu pemain asing yang akan mengisi slot mereka musim depan. Dia adalah winger asal Brasil, Bruno Moreira, yang telah memperpanjang kontrak sampai 2026.

Persebaya masih belum mengumumkan perekrutan pemain asing lain. Namun, sejumlah nama disebut sudah menjalin kesepakatan, atau masih ada yang sebatas pembicaraan negosiasi.

Dua di antaranya adalah eks striker Persik Kediri, Flavio Silva, dan gelandang masih membela Madura United di championship series, Francisco Rivera.

Lalu, masih ada duo gelandang bertahan juga dalam bidikan, yakni Gilson Costa asal Portugal dan Mohammed Rashid yang merupakan pemain Timnas Palestina.

Untuk posisi belakang, Persebaya juga dalam komunikasi untuk mengamankan jasa Cleberson yang masih berjuang membawa Madura United menjuarai Liga 1 musim ini.

5 dari 5 halaman

Intip Posisi Persebaya di Akhir Musim Ini

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer