Sukses


Deretan Talenta Papua yang Masih Eksis Bersama Timnas Indonesia: Talenta Bumi Cenderawasih Andalan Tim Garuda

Bola.com, Jakarta - Tanah Papua tak pernah kehabisan talenta untuk menyumbang amunisi-amunisi yang menjadi andalan Timnas Indonesia. Sampai saat ini, masih ada beberapa pemain asal Bumi Cenderawasih yang eksis bersama skuad Garuda.

Para pemain asal Papua ini kembali mendapatkan panggilan dari pelatih Timnas Indonesia untuk menghadapi dua laga melawan Irak dan Filipina pada lanjutan Grup F Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Dari masa ke masa, Timnas Indonesia memang selalu punya pemain andalan yang dilahirkan dari Tanah Papua. Sebut saja Aples Tecuari, Elie Aiboy, Boaz Solossa, Okto Maniani, hingga Osvaldo Haay.

Kini, estafet itu akan dilanjutkan sejumlah pemain asal Bumi Cenderawasih yang mampu bertahan di tengah persaingan ketat merebutkan tempat di skuad Garuda. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Ricky Kambuaya

Ricky Kambuaya menjadi salah satu pemain asal Tanah Papua yang paling awet bersama Timnas Indonesia di era kepelatihan Shin Tae-yong. Gelandang berusia 28 tahun itu kembali dipanggil untuk menghadapi Irak dan Filipina.

Pemain Dewa United ini mendapatkan kesempatan debut pada laga melawan Chinese Taipei pada play-offKualifikasi Piala Asia 2023. Sejak saat itu, gelandang asal Sorong ini nyaris tak pernah absen di skuad Garuda.

Sejauh ini, Kambuaya sudah menyumbangkan lima gol dan enam assist dari total 37 penampilannya bersama Timnas Indonesia. Namun, perlahan-lahan posisinya mulai tergerus gelombang naturalisasi. Kambuaya kini lebih banyak turun dari bangku cadangan.

 

3 dari 4 halaman

Yance Sayuri

Pemain asal Papua lainnya yang masih bisa bertahan di skuad Timnas Indonesia ialah Yance Sayuri. Winger asal PSM Makassar ini mengawali debutnya pada laga FIFA Matchday periode Maret 2023.

Ketika itu, Yance mengukir penampilan pertamanya pada laga melawan Burundi. Namun, jika dibandingkan saudara kembarnya, pemain asal Kepulauan Yapen ini kiprahnya memang tak begitu mentereng.

Sebab, Yance lebih sering absen dari daftar panggilan Timnas Indonesia. Faktor cedera menjadi salah satu penyebabnya. Namun, kini Yance kembali mendapat panggilan jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

 

4 dari 4 halaman

Yakob Sayuri

Pemain asal Papua yang belakangan ini paling istimewa ialah Yakob Sayuri. Winger berusia 26 tahun itu mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan yang terjadi sektor sayap Timnas Indonesia.

Pada Piala Asia 2023, misalnya, dia jadi salah satu pemain yang selalu tampil sebagai starter. Salah satu keunggulan Yakob ialah kemampuannya bermain di banyak posisi, baik itu bek kanan, wingback kanan, hingga sayap kanan.

Pemain kelahiran Kepulauan Yapen ini tampaknya masih akan jadi amunisi utama Shin Tae-yong. Kecepatan dan kemampuan servisnya dari sisi kanan bakal sangat berbahaya untuk pertahanan lawan.

Video Populer

Foto Populer