Sukses


Calvin Verdonk dan Jens Raven Diusahakan Bisa Perkuat Timnas Indonesia Vs Irak, Kalau Tidak Hadapi Filipina

Bola.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, mengungkapkan bahwa pihaknya sedang mengebut naturalisasi dari dua pemain keturunan untuk Timnas Indonesia, Calvin Verdonk dan Jens Raven.

Dito menjelaskan bahwa naturalisasi Calvin Verdonk dan Jens Raven akan dibahas oleh Komisi III dan Komisi X DPR RI pada awal pekan depan.

Calvin Verdonk dan Jens Raven ditargetkan sudah bisa memperkuat Timnas Indonesia ketika melawan Timnas Filipina dalam matchday terakhir Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Timnas Indonesia bakal meladeni perlawanan juru kunci Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 itu di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada 11 Juni 2024.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Tekad Menpora

Namun, sebelumnya, Timnas Indonesia akan lebih dulu menjamu Timnas Irak dalam partai kelima Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 di SUGBK pada 6 Juni 2024.

"Alhamdulillah, kerja cepat dari DPR. Pada Senin, 3 Juni 2024, langsung rapat roadshow dengan Komisi III dan Komisi X DPR untuk penetapan," ujar Dito.

"Kami usahakan untuk keduanya bisa bermain melawan Irak. Minimal dapat bertanding kontra Filipina. Sekarang fokus kami percepatan," jelasnya.

3 dari 4 halaman

Tahapan Selanjutnya

Setelah Komisi III dan Komisi X DPR, naturalisasi Calvin Verdonk dan Jens Raven akan diputuskan di rapat paripurna DPR berlanjut ke Keputusan Presiden (Keppres) dan pelantikan di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Jika sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), Calvin Verdonk dan Jens Raven bakal menjalani perpindahan asosiasi dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke PSSI di FIFA.

Sementara itu, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, telah memanggil 22 pemain untuk melawan Irak dan Filipina, namuh masih menyisakan satu slot yang bisa diisi Calvin Verdonk, Jens Raven, atau Maarten Paes, kiper naturalisasi yang kasusnya sedang dibawa ke Pengadilan Arbitrasi Olahraga (CAS).

4 dari 4 halaman

Lebih Dekat Diego Michiels

Video Populer

Foto Populer