Sukses


Pulau Madura Jadi Saksi Bhayangkara FC dan PSM Juara, Giliran Persib di BRI Liga 1 2023 / 2024?

Bola.com, Bangkalan - Madura United tampak melawan kemustahilan saat berhadapan dengan Persib Bandung pada leg kedua final Championship Series BRI Liga 1 2023/24 di Gelora Bangkalan, Madura, Jumat (31/5/2024) malam WIB.

Laskar Sape Kerrap harus mengejar defisit tiga gol di pertandingan nanti. Sebelumnya, Fachruddin Wahyudi Aryanto dkk takluk tiga gol tanpa balas di leg pertama (26/5/2024).

Walau tanpa aturan gol tandang, mencetak minimal tiga gol untuk memaksakan pertandingan berlanjut ke tambahan waktu, sudah terasa berat. Apalagi, jika Persib mampu menambah agregat di pertandingan nanti.

Dengan situasi tersebut, Persib rasanya selangkah lebih dekat mencapai gelar Liga Indonesia ketiga mereka sepanjang sejarah. Jika tak ada kejadian 'ajaib', Pulau Madura akan kembali menjadi saksi perayaan juara tim terbaik di Indonesia.

Siapa saja yang pernah merayakan gelar prestisius di Pulau Garam? Berikut ulasan selengkapnya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Bhayangkara FC (2017)

Klub pertama yang merayakan gelar juara di Pulau Madura adalah Bhayangkara FC. Kemenangan 3-1 atas tuan rumah sudah cukup membawa The Guardian menyegel trofi Liga 1 edisi perdana pada 2017.

Bhayangkara FC sejatinya masih memiliki satu pertandingan tersisa. Tetapi secara hitungan di papan klasemen, Bali United yang berada di posisi kedua sudah tak mungkin melampaui mereka karena kalah head-to-head.

Walau begitu, kemenangan tim yang baru saja degaradasi itu memang menimbulkan sedikit kontroversi. Mereka mendapatkan tambahan dua poin cuma-cuma dari Komisi Disiplin karena menganggap Mitra Kukar memainkan pemain yang tidak sah.

3 dari 3 halaman

PSM Makassar (2022/23)

Klub kedua yang menasbihkan diri sebagai jawara di Pulau Madura adalah PSM Makassar pada musim lalu. Juku Eja berhasil menang 1-3 atas tuan rumah untuk merebut gelar ketujuh mereka sepanjang sejarah.

Sejatinya, PSM masih memiliki dua pertandingan tersisa menghadapi PSIS Semarang dan Borneo FC Samarinda. Tetapi poin mereka sudah tak mungkin terkejar oleh Persija Jakarta yang jadi pesaing terdekat.

Keberhasilan PSM semakin membuktikan bila Pulau Garam cukup bersahabat untuk tim lain yang hendak merayakan gelar juara. Musim ini, bisa jadi klub tersebut adalah Persib Bandung.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer