Sukses


Catatan Kegarangan Duet David da Silva dan Ciro Alves, Senjata Persib Kunci Gelar Juara BRI Liga 1 Vs Madura United

Bola.com, Bangkalan - Persib Bandung menjalani musim yang impresif di BRI Liga 1 2023/2024. Maung Bandung berstatus sebagai runner-up regular series, tapi kini sudah di ambang juara championship series.

Selama regular series, Persib Bandung mampu menjadi tim dengan produktivitas gol tertinggi, yakni membukukan 65 gol dari 34 pertandingan. Itu tidak lepas dari peran pemain depan yang memiliki ketajaman dalam mencetak gol.

Bicara soal produktivitas gol, ada peran penting duo penyerang Brasil di Persib. David da Silva merupakan striker andalan, lalu ada Ciro Alves yang menempati pos winger kiri. Dua nama ini mampu diandalkan dalam mencetak gol.

David, selama regular serie saja, mampu mencetak 26 gol dan delapan assist dalam 8 penampilan. Itu masih ditambah tiga gol dan satu assist selama championship series. Total, kini dia mencetak 29 gol dan jadi kandidat kuat peraih top scorer.

Ciro Alves tidak kalah garang. Total sejak regular series, dia menyumbang 16 gol dan 13 assist selama 34 pertandingan musim ini. Catatan itu berada tepat dibawah David da Silva dalam urusan kontribusi terbaik untuk Maung Bandung.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Statistik Mengerikan

Dua nama ini mampu saling mengisi peran demi membawa Persib mendulang kemenangan. Ciro dan David berbagi assist dan gol yang membuat klubnya melaju ke partai puncak Liga 1 musim ini.

Pergerakan Ciro Alves sebagai winger juga menjadi yang paling menakutkan sepanjang musim ini. Dia sudah berkarier di Liga 1 sejak 2019 dan kemampuan dribel, passing, serta tembakan yang dimilikinya mampu mengancam lawan.

David malah lebih mengerikan. Dia punya atribut lengkap untuk menjadi pemain dengan titel terbaik dalam sejarah Liga 1. Striker berusia 34 tahun itu memiliki kemampuan membawa bola, duel udara, dan tembakan yang mematikan.

Jika ingin membuktikan kesuksesan duet penyerang ini, tengok saja hasil leg pertama final championship series. Persib sukses menang 3-0 atas Madura United (26/5/2024).

Di laga itu, dua nama tersebut tidak absen mencetak gol. Ciro lebih dulu membuka keunggulan dan David menambahnya dengan dua gol. Hasil laga itu juga yang membuat Persib berada di atas angin untuk menjuarai Liga 1 musim ini.

Kini, penentuan juara dilakukan dengan Madura United menjadi tuan rumah dalam leg kedua. Persib akan menjalani lawatan dalam leg kedua final di Stadion Gelora Bangkalan, Bangkalan, Jumat (31/5/2024) malam.   

 

 

 

3 dari 5 halaman

Emoh Meremehkan

Sementara itu, striker Persib Bandung, David da Silva, tidak ingin meremehkan Madura United. Dia merasa Laskar Sapeh Kerrap tetap perlu diwaspadai dalam laga leg kedua final championship series BRI Liga 1 2023/2024.

Sebelumnya, Persib sukses menang 3-0 pada leg pertama, Minggu (26/5/2024). Hasil itu membuat klub berjulukan Maung Bandung itu dijadikan sebagai kandidat kuat juara karena skor itu terasa sulit dikejar Madura United.

Namun, hasil itu tak membuat David da Silva terlena. Madura United memiliki sejumlah pemain asing yang wajib diwaspadai. Di antaranya adalah gelandang Hugo Gomes Jaja, gelandang Francisco Rivera, bek Cleberson, dan kiper Lucas Frigeri.

Nama-nama itu adalah pemain yang memiliki peran penting membawa Madura United melaju ke final. Hasil leg pertama memang menunjukkan bahwa Persib unggul jauh, namun masih kans tim lawan membaliknya.

“Saya pikir mereka layak mendapatkan apa yang mereka raih. Kami harus hati-hati dengan mereka. Mereka melakukan hal yang sangat baik bersama Madura,” kata striker asal Brasil itu.

 

 

 

4 dari 5 halaman

Pujian untuk Pemain Asing Madura United

David da Silva tentu saja lebih berpengalaman dibanding mereka. Maklum, striker berusia 34 tahun itu sudah berkarier di Liga 1 sejak 2018 dengan membela Persebaya Surabaya.

Menariknya, para pemain asing Madura United didominasi oleh pemain yang senegara dengan David. Lucas Frigeri, Jaja, Cleberson, dan Dalberto adalah pemain yang juga berasal dari Brasil. David mengaku mengenal mereka.

“Saya sudah mengenal mereka sebelumnya. Tapi, saya baru bertemu mereka di Indonesia, sebelumnya pernah tahu di Brasil. Mereka pemain bagus, level atas,” imbuh David da Silva.

David sedang berada di ambang meraih dua titel sekaligus. Pertama adalah juara Liga 1 bersama Persib. Kedua, dia berpotensi meraih gelar individu top scorer karena kini telah mencetak 29 gol dan tak terkejar.

“Semuanya berjalan baik. Saya berharap hasilnya yang terbaik buat kami. Kami sudah siap bertanding,” ujarnya.

 

5 dari 5 halaman

Head to Head

Menariknya, Persib juga menunjukkan dominasinya atas Madura United musim ini. Kedua tim sudah berjumpa sebanyak tiga kali selama dan hasilnya Maung Bandung belum pernah dikalahkan Madura United di BRI Liga 1 2023/2024.

Dua di antaranya adalah di regular series. Pertemuan putaran pertama berakhir 1-1 saat Persib jadi tuan rumah (2/7/2023). Lalu, Madura United malah dipermalukan 0-1 saat menjamu Persib (1/11/2023).

Terlepas dari itu, catatan head-to-head rupanya menunjukkan hasilnya sama kuat dalam 13 pertemuan di Liga 1 sejak 2017. Madura United dan Persib sama-sama menang lima kali, sedangkan tiga sisanya berakhir seri.

Tak cuma catatan head-to-head, jumlah gol kedua tim juga sama persis dalam sejarah pertemuan mereka. Total ada 32 gol yang tercipta dalam 13 pertandingan dan mereka berbagi dengan sama-sama mencetak 16 gol.   

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer