Sukses


Jelang Final BRI Liga 1, Madura United Vs Persib: Fenomena Terong dan Cabai di Sudut Stadion Gelora Bangkalan

Bola.com, Bangkalan - Stadion Gelora Bangkalan (SGB) berbenah untuk mempersiapkan pertandingan penting. Pertandingan ini akan jadi saksi bisu tim kampiun BRI Liga 1 2023/2024.

Persib Bandung sebelumnya menang 3-0 atas Madura United dalam leg pertama regular series, Minggu (26/5/2024). Leg kedua pun digelar dengan Madura United menjamu Persib Bandung di SGB, Jumat (31/5/2024) malam.

Ada sesuatu yang menarik dari SGB menjelang laga itu. Sekilas, ada rerumputan liar yang terletak di area dalam stadion. Rupanya, ada tanaman hortikultura yang terlihat tumbuh sehat di sana.

Terdapat tanaman cabai dan terong yang terletak di dua titik stadion. Masing-masing ada di sebelah selatan bench tim tamu dan sudut tenggara sekitar enam meter dari tiang corner lapangan.

Bola.com mulanya mengamati bahwa tanaman cabai dan terong di sudut stadion sejak tahun 2023 lalu, saat Madura United menggelar laga kandang.

Dari pertumbuhannya, terlihat dua tanaman itu memang sengaja ditanam. Beberapa kali mampu berbuah lebat

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Berbuah

Rupanya, tanaman itu masih menghasilkan buah pada sehari jelang laga, Kamis (30/5/2024). Ada enam terong yang siap dipetik dan pohon cabai yang berbuah kecil dan cukup lebat di sudut tenggara stadion. 

Demikian halnya dengan tanaman cabai yang terletak di tepat di sisi selatan bench tim tamu dengan media tanam berada di polybag. Cabai tumbuh dengan lebat dan beberapa siap dipetik.

Lantas, bagaimana ceritanya ada tanaman hortikultura terawat dengan baik di SGB?

Rupanya ini merupakan buah ide pemikiran Candra Irawan. Dia sempat menjadi ASN dengan jabatan Kasi Sarana dan Prasarana Dispora Bangkalan. Candra merupakan pihak yang bertanggung jawab atas fasilitas olahraga di Bangkalan.

“Ini sebenarnya kami tanam di GOR Sultan Abdul Kadirun (Bangkalan). Ternyata di sana kebanyakan. Jadi, sisanya kami pindah di sini karena ada tanahnya,” kata Candra kepada Bola.com.

 

3 dari 4 halaman

Kesengajaan

Dua jenis tanaman itu membutuhkan waktu tiga bulan masa vegetatif. Setelah itu, memasuki masa generatif, cabai dan terong akan berbuah. Artinya, memang ada kesengajaan untuk menanam dan merawatnya.

Candra sendiri sebenarnya telah pensiun sebagai ASN sejak Januari 2024. Dia juga tidak menjabat sebagai Kasi Sarana dan Prasarana Dispora Bangkalan. Hanya saja, dia tetap dipercaya untuk mengelola SGB.

Alhasil, pemanfaatan lahan sempit menjadi produktif. Pengelola stadion juga tidak kesulitan melakukan perawatan karena juga rutin menjaga kesehatan rumput lapangan di SGB.

“Pupuknya kami tidak beli lagi. Sudah ada pupuk yang disiapkan untuk rumput. Perawatannya tidak susah,” ucap Candra.

 

 

 

 

4 dari 4 halaman

Konsumsi

Dua buah tanaman itu dijadikan sayuran untuk dikonsumsi oleh pengelola stadion. Mereka pun tidak kerepotan dalam urusan makanan karena tinggal memetik terong dan cabai yang biasanya melengkapi menu lalapan.

“Ini hasilnya untuk teman-teman. Habis kerja lapangan, kami masak dan makan-makan bersama. Kami tinggal beli ikannya, beli telur sudah jadi. Cabai dan terongnya tinggal mengambil dari sini,” tutur Candra.

Keberadaan pohon cabai dan terong ini menambah unik SGB yang tidak dipunyai oleh stadion lain. Hal ini kemungkinan akan luput dari pandangan orang yang lalu lalang karena menganggapnya rerumputan biasa.

Kini, SGB akan menjadi tempat bersejarah dalam persaingan juara BRI Liga 1 2023/2024. Madura United masih berpotensi juara, namun harus mengejar margin tiga gol setelah kalah 0-3 di kandang Persib.

Di stadion ini pula akan ada penyerahan trofi juara, gelar pemain terbaik, dan gelar top scorer. Jangan lupa, ada tanaman terong dan cabai yang akan jadi saksi bisu prestasi gemilang para peraih gelar musim ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer