Sukses


Sekilas Mengenal Jagat Sepak Bola Tanzania: Lawan Sepadan untuk Timnas Indonesia?

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia bersiap melakoni laga uji coba kontra Tanzania. Jika tak ada aral melintang, duel rencananya akan mentas di Stadion Madya Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu (2/6/2024) sore pukul 16.00 WIB.

Duel ini merupakan bagian dari persiapan Timnas Indonesia jelang mengarungi dua laga lanjutan babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia versus Irak dan Filipina pada 6 serta 11 Juni 2024.

Rakyat Indonesia juga akan kembali melihat aksi tim besutan Shin Tae-yong yang dijejali bintang top, baik pemain lokal maupun naturalisasi.

Nama-nama mentereng seperti Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Marselino Ferdinan, Rafael Struick, Jordi Amat, Justin Hubner, Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, dan Ivar Jenner kemungkinan besar masih akan mengisi starting XI Shin Tae-yong.

Meski sekadar laga uji coba, namun Indonesia dipastikan siap bertarung habis-habisan demi meraih kemenangan di depan pendukung setia.

"Laga nanti juga sebagai tolok ukur kesiapan kita melawan Irak dan Filipina," kata Shayne Pattynama.

Shayne Pattynama benar. Tanzania bukan tim kaleng-kaleng dan diperkuat sederet pilar sangar di masing-masing lini. Jadi, jika bisa menggebuk mereka maka ini jadi modal krusial bagi Timnas Indonesia menghadapi Irak, terlebih Filipina.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Lebih Baik 15 Peringkat dari Timnas Indonesia

Seperti apa kekuatan Tanzania dan di mana posisi mereka di ranking FIFA? Sebelum kita bahas panjang lebar, Tanzania terletak di kawasan Afrika Timur. Berdiri sebagai negara berdaulat pada 1964, negara ini dibuni lebih kurang 63 juta jiwa.

Meski berstatus negara berkembang, tetapi sepak bola Tanzania mengalami peningkatan pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Taifa Stars, demikian julukannya, memang belum pernah menorehkan pencapaian hebat di pentas Piala Dunia dan Piala Afrika, seperti Kamerun, Maroko, Senegal, Mesir, Afrika Selatan, dan Nigeria. Namun, secara peringkat FIFA Tanzania terus membaik.

Saat ini, Taifa Stars bertengger di peringkat ke-119 FIFA atau lebih baik dari Timnas Indonesia yang bercokol di posisi 134.

Pada Piala Afrika 2023 lalu, Tanzania terkapar di dasar klasemen Grup F. Hanya saja, mereka sempat bikin geger karena mampu memaksa tim kuat Republik Demokratik Kongo bermain imbang tanpa gol. Kongo kemudian melaju ke semifinal dan finis sebagai peringkat keempat.

Sedangkan di edisi terbaru, 2024, Tanzania gagal memetik sebiji kemenangan pun dari tiga laga di fase grup Piala Afrika.

Dua kegagalan tadi tak membuat mereka berhenti membidik prestasi, terlebih di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Afrika.

3 dari 3 halaman

Banyak yang Main di Luar Negeri

Meroketnya performa Tanzania tak lepas dari materi pemain yang mereka miliki saat ini. Seperti halnya Timnas Indonesia, tim asuhan Hemed Suleiman Ali diisi pemain-pemain yang berkarier di luar negeri.

Beberapa di antara pemain yang menjadi andalan adalah Haji Mnoga (Bek/Aldershot Town/Inggris), Novatus Dismas (Gelandang/Shakhtar Donetsk/Ukraina), Morice Michael (Gelandang/RFK Novi Sad/Serbia), Cyprian Kachwele (Striker/Whitecaps 2/Amerika Serikat), dan Kelvin John (Striker/Genk/Belgia).

Bagaimana melawan Indonesia? Hemed Suleiman Ali punya cara sendiri untuk memotivasi anak-anak asuhnya dengan menyebut Timnas Indonesia bukan lawan yang enteng.

"Persiapan kami sangat baik. Saya tidak tahu banyak soal Timnas Indonesia, tapi saya yakin mereka punya tim yang baik," kata Hemed Suleiman Ali.

Perlu diketahui, hasil duel nanti bakal mempengaruhi peringkat kedua negara di ranking FIFA. Itu berarti, duel dipastikan berlangsung sengit dan rumit. Sebuah tontonan asyik di akhir pekan.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer