Sukses


Update Naturalisasi Calvin Verdonk dan Jens Raven, PSSI: Hari Ini Dirapatkan DPR

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Erick Thohir, memberikan kabar terbaru terkait proses naturalisasi dua pemain keturunan untuk Timnas Indonesia. Keduanya adalah Calvin Verdonk dan Jens Raven.

Rencananya, perpindahan kewarganegaraan Calvin Verdonk dan Jens Raven akan dibahas DPR RI melalui Komisi X DPR pada Senin (3/6/2024).

Erick Thohir mengucapkan terima kasih kepada Komisi III dan Komisi X DPR serta para pimpinan DPR. Mulai dari Puan Maharani, Sufmi Dasco Ahmad, Rachmat Gobel, hingga Muhaimin Iskandar.

"Ada bantuan supaya kami terus memperkuat Timnas Indonesia dan bisa memmperkuat para pemain di luar negeri untuk mengangkat Merah Putih," ujar Erick Thohir.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Menpora dan Sekjen PSSI Hadir

Erick Thohir mengatakan bahwa dalam rapat pembahasan naturalisasi Calvin Verdonk dan Jens Raven, PSSI akan diwakili oleh Yunus Nusi selaku Sekjen PSSI.

Selain itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo, juga akan hadir sebagai representasi pemerintah yang mengajukan naturalisasi Calvin Verdonk dan Jens Raven.

"Nanti Pak Sekjen PSSI akan hadir. Kebetulan saya ada satu tugas ke luar kota. Jadi mudah-mudahan saja. Pak Menpora juga berkenan hadir," jelas Erick Thohir.

3 dari 3 halaman

Beberapa Langkah Terakhir

Mengacu dari proses naturalisaisi sebelumnya, perpindahan kewarganegaraan Calvin Verdonk dan Jens Raven juga harus dibahas di Komisi III DPR, rapat paripurna DPR, Keputusan Presiden (Keppres), dan pelantikan di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Jika naturalisasi secara hukum negara telah selesai, maka Calvin Verdonk dan Jens Raven mesti melalui peralihan asosiasi dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke PSSI di FIFA.

"Semoga Calvin Verdonk bisa secepatnya membela Timnas Indonesia," tutur Erick Thohir, yang mengabarkan bahwa Jens Raven sedang bersama timnas U-20 di Prancis untuk turnamen Toulon 2024.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer