Sukses


Deretan Pemain Berdarah Indonesia yang Beredar di Liga Italia Serie A Musim Depan: Menunggu Debut Jay Idzes usai Bawa Venezia Promosi

Bola.com, Jakarta - Kompetisi kasta tertinggi Italia, Serie A musim 2024/2025 akan semakin tambah kental aroma Indonesia. Beberapa pemain yang punya keturunan Indonesia menghiasi persaingan sengit.

Terbaru adalah Bek Timnas Indonesia, Jay Idzes yang sukses mengantarkan klubnya Venezia promosi ke Serie A musim 2024/2025. Ia membawa timnya sebagai klub Serie B terakhir yang memastikan tiket promosi ke Serie A akhir musim ini.

Pasalnya pada leg kedua playoff perebutan tiket ke Serie A, Venezia sukses mengalahkan Cremonese dengan skor 1-0 hari Selasa (03/06/2024) dini hari WIB. Venezia lolos ke Serie A berkat kemenangan agregat 1-0.

Tampil di markas Venezia, Pier Luigi Penzo Stadium, satu-satunya gol tim tuan rumah dicetak oleh Christian Gytkjaer menit ke-24.

Berikut ini beberapa pemain berdarah Indonesia yang akan mewarnai persaingan di Serie A musim depan.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Tijjani Reijnders

Gelandang AC Milan yakni Tijjani Reijnders punya keturunan Indonesia. Ia baru didatangkan AC Milan pada musim 2023/2024 sudah menjadi andalan sejak awal musim.

Reijnders yang pernah ditawarkan merubah kewarganegaraan menjadi warga Indonesia ini didatangkan AC Milan dari Klub Belanda, AZ Alkmaar.

Tijjani Reijnders lahir di Zwolle pada 29 Juli 1998. Reijnders adalah putra dari Martin Reynders seorang pesepak bola, dan mempunyai adik laki-laki, Eliano Reijnders yang juga pesepakbola professional yang bermain setim dengan Ivar Jenner di Jong Utrecht.

Tijjani Reijnders ternyata memiliki garis keturunan Maluku. Ia diketahui berdarah campuran yakni Maluku dari ibunya yang bernama Angela Reijnders.

Sang ibu memiliki darah campuran yakni Maluku dari ayahnya dan setengah Belanda dari ibunya.

3 dari 6 halaman

Mikael Egill Ellertsson

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Mikael Egill Ellertsson (@mikaelegill)

Rekan setim Gelandang Venezia, Mikael Egill Ellertsson, ternyata punya darah Indonesia. Menurut akun Instagram @futboll.indonesiaa, Mikael Egill Ellertsson memiliki darah Indonesia dari sang ibu.

Sejak Januari 2023, Mikael Egill Ellertsson bergabung dengan Venezia. Musim ini, Mikael Egill Ellertsson muncul sebagai gelandang andalan. Egill tampil lebih banyak dari Jay Idzes sepanjang musim 2023/2024.

Ia bermain total 38 kali dengan mencetak dua gol dan empat assist untuk Venezia.

4 dari 6 halaman

Emil Audero Mulyadi

Penjaga gawang pelapis Inter Milan, Emil Audero Mulyadi mewarnai persaingan di Serie A, bahkan sejak beberapa tahun lalu.

Ia pun pernah berkesempatan bermain bersama Juventus pada periode 2015-2019. Bahkan sedari 2008, sejatinya Emil sudah berada di akademi Juventus.

Emil diketahui lahir di Indonesia, tepatnya di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 18 Januari 1997. Ayah Emil adalah orang Indonesia bernama Edy Mulyadi, sedangkan ibunya bernama Antonela Audero. Emil pun pernah dipanggil Timnas Indonesia pada 2016 silam. Namun, ia dengan tegas menolaknya.

5 dari 6 halaman

Jay Idzes

Dirangkum dari laman resmi PSSI, Jay Idzes merupakan bek Timnas Indonesia yang lahir di Mierio, Belanda. Dikatakan bahwa Jay Idzes lahir pada tanggal 2 Juni 2000. Meskipun lahir di Belanda, Idzes masih merupakan garis keturunan asli Indonesia.

Menurut sebuah unggahan di akun Instagram @timnas.indonesia, kakek dan neneknya lahir di Jakarta dan juga Semarang. Mereka sempat tinggal di Indonesia sekitar 20 tahun hingga akhirnya pindah ke Belanda.

Jay Idzes saat ini menjadi tulang punggung lini belakang Timnas Indonesia. Ia sudah memiliki dua caps bersama tim Merah-Putih yakni dua kali melawan Vietnam di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Mencetak satu gol, dan menjaga gawang Indonesia terhindar dari kebobolan.

6 dari 6 halaman

Intip Persaingan di Musim Ini

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer