Sukses


3 Fakta Menarik Jelang Timnas Indonesia Vs Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026: Bisa Menang?

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Irak dalam lanjutan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Pertandingan dimainkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (6/6/2024) sore WIB.

Tim berjulukan Garuda itu kini berada di peringkat kedua klasemen sementara Grup F dengan koleksi tujuh poin dari empat laga yang dijalani. Sementara Irak bertengger di peringkat pertama dengan nilai 12.

Pada pertemuan sebelumnya, Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Irak di matchday pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Saat itu, Tim Garuda keok dengan skor 1-5 di Basra Internastional Stadium, Irak (16/11/2023).

Terdapat tiga fakta menarik jelang duel Timnas Indonesia versus Irak pada matchday kelima Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Berikut ini ulasannya:

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Butuh Sekali Kemenangan

Timnas Indonesia hanya butuh satu kemenangan untuk menemani Irak lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Tambahan tiga angka akan membuat Garuda mengunci posisi runner-up Grup F dengan nilai 10.

Perolehan poin itu tidak terkejar dari Vietnam andai mereka memenangi dua pertandingan lagi. Sebab, Tim Merah-Putih unggul head to head dari The Golden Star Warriors.

Saat ini Vietnam menempati urutan ketiga dengan torehan empat poin. Adapun Filipina tercecer di dasar klasemen dengan satu angka. Setelah bersua Irak, Garuda bakal ditantang Timnas Filipina di SUGBK pada Selasa, 11 Juni 2024.

3 dari 4 halaman

Rekor Pertemuan

Timnas Indonesia punya catatan buruk menghadapi Irak. Berdasarkan catatan RSSSF, kedua kesebelasan telah bertemu sebanyak 13 kali di berbagai ajang.

Secara keseluruhan, Irak mengoleksi delapan kemenangan, berbanding dua milik Tim Garuda. Sementara tiga laga sisanya berakhir dengan hasil imbang.

Kemenangan terakhir Timnas Indonesia atas Irak terjadi 23 tahun lalu. Ketika itu Garuda menumbangkan Irak dalam turnamen Piala Kemerdekaan pada September 2000.

Sementara kekalahan terbesar terjadi pada tahun lalu. Irak melumat Timnas Indonesia dengan skor 5-1 dalam Grup F babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yang digelar pada 16 November 2023.

4 dari 4 halaman

Diperkuat Pemain Abroad

Kedua tim diperkuat sejumlah pemain abroad. Timnas Indonesia dihuni 12 nama yang kini berkarier di luar negeri.

Mereka adalah Rafael Struick (ADO Den Haag/Belanda), Sandy Walsh (KV Mechelen/Belgia), Shayne Pattynama (KAS Eupen/Belgia), Jordi Amat (JDT/Malaysia), dan Jay Idzes (Venezia/Italia).

Kemudian Asnawi Mangkualam (Port FC/Thailand), Nathan Tjoe-A-On (Belanda), Thom Haye (SC Heerenveen/Belanda), Ivar Jenner (FC Utrecht/Belanda), serta Ragnar Oratmangoen (Fortuna Sittard/Belanda).

Dari kubu tim tamu beberapa di antaranya yakni Hussein Ali Hayder yang memperkuat klub kasta tertinggi Liga Belanda, SC Heerenveen. Adapula Zidane Iqbal (FC Utrecht/Belanda), Youssef Amyn (Eintracht Braunschweig/Jerman), dan Marko Farji (Stromsgodset IF/Norwegia)

Video Populer

Foto Populer