Sukses


Mengulas Starting XI Ideal Timnas Indonesia untuk Melawan Irak: Berkualitas di Setiap Lini

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sudah memainkan hampir semua pemainnya pada laga uji coba melawan Tanzania. Dari laga ini, skuad Garuda sebetulnya berpotensi menurunkan starting XI ideal saat menghadapi Irak.

Timnas Indonesia tentu membutuhkan komposisi pemain terbaiknya agar bisa menumbangkan perlawanan Irak dalam duel yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jumat (6/6/2024) itu.

Dari laga latih tanding melawan Tanzania, sebetulnya sudah terlihat kerangka skuad utama yang bakal diturunkan Shin Tae-yong. Namun, ada beberapa nama yang harus masuk untuk menambah kekuatannya.

Dengan skema 3-4-3, komposisi ini diyakini sebagai starting eleven alias sebelas pemain pertama paling ideal yang dimiliki oleh skuad Merah Putih saat ini. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Komposisi Pertahanan

Untuk sektor pertahanan, sosok penjaga gawang terbaik yang bisa menjadi pilihan untuk menghadapi Irak ialah Ernando Ari. Kiper Persebaya Surabaya ini terhitung oke dan siap tempur melawan Irak.

Sementara itu, komposisi tiga bek sejajar yang paling ideal diturunkan melibatkan Rizky Ridho, Jay Idzes, dan Justin Hubner. Ketiga pemain ini sama-sama masih berusia muda dan punya karakter ball-playing defender .

Kolaborasi antara ketiganya juga sudah terjalin dengan baik pada laga sebelumnya melawan Vietnam. Ini menjadi materi pertahanan yang paling oke agar Timnas Indonesia bisa tampil solid membendung serangan lawan.

3 dari 5 halaman

Kombinasi Sektor Tengah

Sementara itu, area tengah bakal melibatkan empat pemain yang punya peran krusial. Dua di antaranya beroperasi di area wing back, yakni Asnawi Mangkualam di sisi kanan dan Pratama Arhan di sektor kiri.

Keduanya sama-sama memiliki karakter menyerang. Sehingga, opsi penetrasi dari area sayap bisa bertambah jika keduanya dimainkan secara bersamaan. Khusus Arhan, lemparan jarak jauhnya juga bisa dimaksimalkan.

Sementara kolaborasi lini tengah yang paling masuk akal ialah menempatkan Ivar Jenner dan Thom Haye. Kedua pemain kelahiran Belanda ini bisa menjadi opsi double-pivot untuk menjaga stabilitas di sektor tengah.

4 dari 5 halaman

Lini Serang Mematikan

Adapun komposisi paling ideal untuk mengisi lini depan ialah dengan memasang tiga pemain, yakni Marselino Ferdinan, Rafael Struick, dan Ragnar Oratmangoen. Komposisi ini telah dijajal pada laga kontra Tanzania.

Ragnar terlihat mengisi pos nomor sembilan meskipun posisi naturalnya sebagai winger. Keuntungan memasang ketiga pemain ini ialah kemampuannya dalam menguasai bola saat skema serangan balik.

Selain itu, mereka juga punya pergerakan yang cair untuk mengisi area depan. Sehingga, fleksibilitas ini bisa memudahkan para pemain untuk mengeksploitasi sisi-sisi yang lemah di pertahanan Irak.

 

5 dari 5 halaman

Daftar Susunan Pemain Ideal Timnas Indonesia

Timnas Indonesia (3-4-3): Ernando Ari; Rizky Ridho, Jay Idzes, Justin Hubner; Pratama Arhan, Thom Haye, Ivar Jenner, Asnawi Mangkualam; Marselino Ferdinan, Rafael Struick, Ragnar Oratmangoen;

Pelatih: Shin Tae-yong

Video Populer

Foto Populer