Sukses


Tidak Lelah untuk Terus Mengingatkan, Timnas Indonesia Harus Banget Perbaiki Finishing Hadapi Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia bermain imbang melawan Timnas Tanzania dalam laga uji coba pada Minggu (2/6/2024) sore WIB. Pertandingan yang berlangsung di Stadion Madya, Gelora Bung Karno, Jakarta, itu berakhir dengan skor sama kuat 0-0.

Tim berjulukan Garuda itu sebetulnya mendapatkan beberapa peluang pada laga itu. Sayangnya, tidak ada satupun gol yang bersarang ke gawang tim tamu.

Duel kontra Tanzania merupakan bagian dari persiapan Timnas Indonesia sebelum menjalani laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Tim Garuda akan menjalani dua laga tersisa Grup F di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Armada Shin Tae-yong tersebut bersua Timnas Irak lebih dulu pada 6 Juni 2024. Lima hari kemudian, giliran Timnas Filipina yang bertandang ke Jakarta. Timnas Indonesia hanya butuh sekali kemenangan untuk lolos ke fase selanjutnya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Pelajaran Berharga

Pelatih sekaligus pengamat sepak bola nasional, Erwan Hendarwanto memberikan komentarnya mengenai hasil uji tanding tersebut. Dia menilai Asnawi Mangkualam dkk. mendapat pelajaran berharga meski gagal memetik kemenangan.

"Melihat pertandingan kemarin cara bermain Timnas Indonesia terutama di babak kedua sangat menarik dan bisa menambah kepercayaan diri pemain meningkat," ujar Erwan Hendarwanto kepada Bola.com, Senin (3/6/2024) malam.

"Tapi nanti saat melawan Irak kita wajib mewaspadai kecepatan pemain-pemain mereka. Itu harus benar-benar menjadi perhatian, terutama transisi Timnas kita dari menyerang ke bertahan," sambungnya.

3 dari 4 halaman

Perbaiki Finishing

Selain transisi, Erwan Hendarwanto melihat masih ada sejumlah kekurangan lain yang kudu dibenahi. Berkaca pada laga tersebut, Garuda dinilai masih bermasalah di lini depan. Mereka kepayahan dalam mencetak gol.

"Kemudian finishing yang kemarin belum muncul meskipun Timnas Indonesia cukup banyak peluang dan dari skema permainan yang cukup bagus. Mudah-mudahan finishing gol-nya tercipta saat melawan Irak dan Filipina nanti," ulasnya.

"Dengan sisa waktu yang ada, saya yakin Timnas Indonesia bisa meraih hasil positif saat melawan Irak. Melawan tim sekelas Irak harus bisa memanfaatkan peluang sekecil apapun untuk menjadi gol," kata asisten pelatih PSIM Yogyakarta itu.

4 dari 4 halaman

Posisi Klasemen

Timnas Indonesia saat ini berada di peringkat kedua klasemen sementara Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Tim Garuda membukukan tujuh poin dari empat laga yang dijalani.

Puncak klasemen ditempati Irak dengan poin sempurna yakni 12. Posisi ketiga dihuni Vietnam dengan nilai empat. Adapun Filipina tercecer di dasar klasemen dengan satu angka.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer