Sukses


Media Vietnam Soroti Keberhasilan Jay Idzes Bawa Venezia Promosi ke Serie A: Pemain Timnas Indonesia Mekar di Eropa

Bola.com, Jakarta Bek Timnas Indonesia, Jay Idzes, sedang menjadi perbincangan publik pecinta sepak bola nasional. Dia sukses mengantar timnya Venezia, meraih tiket promosi ke kasta tertinggi Liga Italia alias Serie A pada musim depan.

Jay Idzes dianggap sebagai salah satu aktor penting di balik kemenangan Venezia dengan skor 1-0 atas Cremonese pada fase final leg kedua play-off promosi Serie A 2023/2024 di Pier Luigi Penzo Stadium, Senin (3/6/2024) dini hari WIB.

Pada laga itu, bek tengah kelahiran Belanda tersebut bermain penuh sebagai starter. Dia berduet bersama Michael Svoboda dan Marin Šverko saat mengisi skema tiga bek sejajar Venezia.

Ketiga pemain ini mampu menjaga gawang Venezia tetap bersih dari kebobolan. Gol tunggal Christian Gytkjær pada menit ke-24 pun sukses membawa keunggulan bertahan hingga pertandingan berakhir.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Ulasan Media Vietnam

Penampilan impresif Jay Idzes itu mendapat sorotan dari media Vietnam, Soha. Mereka menulis ada dua pemain Timnas Indonesia yang kini berkiprah di liga top Eropa. Selain Jay Idzes, ada Elkan Baggott yang merupakan pemain Ipswich Town dan promosi ke Premier League.

“Venezia kembali ke turnamen tertinggi di negeri pasta setelah 2 tahun absen. Mereka semakin menambah kemeriahan sepak bola Indonesia di lima besar liga Eropa Eropa, ada dua kompetisi yang menghadirkan pemain dari Indonesia,” tulis Soha, Senin (3/6/2024).

“Di Premier League ada Elkan Baggott bersama Ipswich Town, di Serie A ada Jay Idzes bersama Venezia. Namun yang pasti, peluang Idzes untuk bermain jauh lebih tinggi. Ia menjadi faktor terpenting bagi Venezia, tampil dalam 29 pertandingan dan mencetak 3 gol di musim 2023/24.”

“Bek berusia 24 tahun ini membuktikan bahwa ia memiliki kualifikasi yang lebih unggul dari Baggott, yang tidak berkontribusi dalam kampanye promosi Ipswich (dikirim ke Bristol di Divisi Ketiga Inggris).”

3 dari 4 halaman

Jadi Andalan

Sebelumnya, Jay Idzes direkrut Venezia dari klub Liga Belanda, Go Ahead Eagles secara gratis pada musim panas tahun lalu atau 2023. Ia langsung menjadi andalan di lini belakang oleh pelatih Paolo Vanoli.

Total Jay Idzes memainkan 30 pertandingan di semua kompetisi untuk Venezia sepanjang musim ini. Hasilnya adalah, pemain berusia 24 tahun sukses membawa tim berjulukan I Lagunari promosi ke Serie A.

Dari total 25 penampilannya di Serie B 2023/2024, Jay Idzes sering kali bermain penuh. Di antara jumlah itu, gawang Venezia terhindar dari gol lawan alias clean sheet dalam sembilan laga yang ia bela.

4 dari 4 halaman

Pengalaman Kedua

Bagi Jay Idzes, ini merupakan pengalaman keduanya membawa tim merebut tiket promosi ke kasta tertinggi. Sebelumnya, ia pernah mengantarkan Go Ahead Eagles promosi ke kasta tertinggi Liga Belanda, Eredivisie pada musim 2020/2021.

Kala itu, Jay Idzes juga berstatus pemain pilar. Tercatat ia kala itu bermain sebanyak 31 kali dan mencetak satu gol. Ini tentu menjadi catatan sejarah yang luar biasa bagi karier pemain Timnas Indonesia tersebut.

Sedangkan Elkan Baggott kini jadi sorotan karena tidak mendapat panggilan Timnas Indonesia. Dia memang berstatus pemain Ipswich Town yang promosi ke Premier League musim depan, namun selama beberapa musim terakhir dipinjamkan ke klub lain.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer