Sukses


Bawa Venezia ke Serie A, Jay Idzes Bicara Kans Timnas Indonesia Tampil di Piala Dunia

Bola.com, Jakarta - Bek Timnas Indonesia, Jay Idzes, menikmati momen penting dalam kariernya. Dia sukses mengantar timnya Venezia, meraih tiket promosi ke kasta tertinggi Liga Italia alias Serie A pada musim depan.

Jay Idzes dianggap sebagai salah satu aktor penting di balik kemenangan Venezia dengan skor 1-0 atas Cremonese pada fase final leg kedua play-off promosi Serie A 2023/2024 di Pier Luigi Penzo Stadium, Senin (3/6/2024) dini hari WIB.

Kini, dia sudah harus bersiap untuk menatap pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 bersama Timnas Indonesia. Dia mengaku antusias untuk bisa membawa Garuda melaju jauh di kualifikasi itu.

“Tentu saja saya sangat antusias dengan kans lolos ke Piala Dunia. Tapi kami harus melihat sejauh mana kami bisa melangkah,” kata Jay Idzes dalam sebuah wawancara di situs resmi FIFA.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Langsung Jadi Andalan

Jay Idzes sendiri sudah membukukan dua penampilan bersama Timnas Indonesia. Kebetulan, semuanya terjadi saat melawan Vietnam pada laga Grup F babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 21 dan 26 Maret 2024 lalu.

Di laga pertama, dia menjalani debut dan mampu mencatatkan 2 tekel sukses, 2 sapuan, 3 intersep, 46 umpan sukses, dan satu tembakan tepat sasaran, membantu menang 1-0. Pada pertemuan kedua, Jay Idzes malah menyumbang satu gol yang akhirnya menang 3-0.

Berikutnya, sudah ada Irak dan Filipina yang menunggu untuk memungkasi Grup F. Dua laga itu akan digelar di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Kamis (6/6/2024) dan Selasa (11/6/2024).

“Kami telah mengambil langkah bagus dengan memenangkan dua pertandingan terakhir melawan Vietnam. Di bulan Juni kami harus bermain melawan Irak dan Filipina, setelah itu kita lihat di mana kami berada,” ucap Jay Idzes.

3 dari 4 halaman

Temani Irak

Dari Grup F, sudah ada Irak yang di puncak klasemen dan telah memastikan diri lolos ke babak ketiga. Irak selalu menang dalam empat laga dan sudah mengoleksi 12 angka. Kini, tersisa satu slot saja dari Grup F untuk lolos ke babak berikutnya.

Tiket tersisa itu diperebutkan Timnas Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Tapi, Timnas Indonesia sedang di atas angin untuk bisa lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Tim Garuda kini menduduki posisi runner-up Grup F babak kedua dengan tujuh poin dalam empat laga. Di bawah Timnas Indonesia ada Vietnam (3 poin) dan Filipina (1 poin).

4 dari 4 halaman

Kerja Keras

Secara matematis, dua tim itu masih bisa lolos, tapi punya peluang yang lebih kecil karena selain wajib memenangi dua laga tersisa juga harus bergantung ke hasil tim lain.

“Kami enggan menatap terlalu jauh ke depan, hanya pertandingan demi pertandingan dahulu. Kami akan mencoba untuk lolos ke babak berikutnya sehingga kami tahu apa yang harus dilakukan,” ucap Jay Idzes.

“Kami tahu bahwa ini tidak akan mudah dibandingkan dua pertandingan terakhir. Jadi kami perlu mempersiapkannya. Seperti yang saya katakan, kami hanya perlu fokus pada pertandingan berikutnya dan apa yang harus kami lakukan dan tidak terlalu fokus pada hasil akhir,” tuturnya.

Sayangnya, Jay Idzes terpaksa absen saat Timnas Indonesia melawan Irak. Penyebabnya, bek berusia 24 tahun itu tentu masih kelelahan setelah bertanding bersama Venezia.

Dia juga dijadwalkan akan tiba di Indonesia pada Rabu (5/6/2024). Artinya, jadwal untuk bertanding terbilang mepet. Namun, pemain berdarah Belanda itu masih bisa tampil saat menghadapi Filipina.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer