Sukses


3 Kiper Terbaik BRI Liga 1 2023 / 2024 versi Bola.com: Tembok Kukuh bak Karang

Bola.com, Jakarta - Siapa penjaga gawang terbaik BRI Liga 1 2023/2024? Jawabannya pasti beragam. Bagi Persib Bandung, kiper terbaik adalah Kevin Mendoza.

Mendoza sukses membawa Persib Bandung ke singgasana juara musim ini setelah menang dalam dua laga final Championship Series kontra Madura United. Kiper Timnas Filipina tersebut paling pantas menyandang gelar penjaga gawang terbaik.

Persib sah-sah saja mengklaim seperti itu, namun bagi tim-tim lain kiper merekalah yang terhebat. Madura United, Borneo FC, dan Bali United misalnya, ketiganya juga punya kiper top yang membawa mereka ke semifinal bergengsi.

Di luar empat tim teratas tadi, sejumlah klub lain juga merasa bangga dengan kinerja kiper mereka sepanjang musim ini. Walau gagal naik podium, beberapa kiper lainnya juga layak diacungi jempol.

Bola.com punya pilihan terkait tiga kiper terbaik BRI Liga 1 2023/2024. Pemilihan tentunya berdasarkan statistik serta deretan fakta lainnya. Penasaran siapa saja mereka? Berikut tiga penjaga gawang terbaik versi Bola.com.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

1. Nadeo Argawinata

Borneo FC gagal menjadi yang terkuat musim ini. Pesut Etam harus puas menempati peringkat ketiga setelah Madura United dan Persib Bandung yang tampil sebagai kampiun BRI Liga 1 2023/2024.

Bercokol di peringkat ketiga di kompetisi tersengit tentunya patut disyukuri. Keberhasilan Pesut Etam tentunya tak lepas dari peran gemilang kiper mereka, Nadeo Argawinata.

Sepanjang musim ini, Nadeo Argawinata tampil dalam 34 laga. Kinerja apiknya membuat pemain berusia 27 tahun tersebut menempati posisi teratas dalam catatan clean sheet yakni sebanyak 13 kali.

Dalam hal penyelamatan, Nadeo Argawinata juga memesona. Sedikitnya si ganteng ini melakukan 110 penyelamatan.

Sukses itu pulalah yang membuat mantan Spiderman Bali United kelahiran Kediri dipanggil kembali ke Timnas Indonesia jelang bentrok kontra Irak dan Filipinan dalam lanjutan babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

 

3 dari 4 halaman

2. Adilson Maringa

Di regulier series, Bali United finis di posisi ketiga setelah Persiba Bandung dan Borneo FC. Torehan tersebut mengantarkan tim asuhan Stefano Cugurra mengamankan satu tempat di semifinal Championship Series BRI Liga 1 2023/2024.

Sayang, Serdadu Tridatu gagal melangkah ke final setelah dikalahkan Persib Bandung dengan agregat 1-4. Dalam perebutan tempat ketiga, Bali United juga tak mampu mengimbangi permainan tangguh Borneo FC.

Walaupun begitu, kiper mereka, Adilson Maringa, tercatat dalam sejarah berkat penampilan cemerlangnya di bawah mistar. Perantau asal Brasil yang pernah memperkuat Arema itu setidaknya mengantongi 10 clean sheet atau kedua terbanyak setelah Nadeo Argawinata.

Tapi, kalau soal penyelamatan, Adilson Maringa masih jauh lebih oke dari Nadeo Argawinata. Jika Nadeo Argawinata mengantongi 110, Adilson Maringá 125 kali.

 

4 dari 4 halaman

3. Kevin Mendoza

Menempatkan Kevin Mendoza di posisi ketiga sebenarnya berasalan. Kevin Mendoza memang belum lama bergabung dengan Persib Bandung. Ia diangkut dari klub Malaysia, Kuala Lumpur City, pada November 2023.

Akan tetapi, kiper Timnas Filipina ini mampu menjawab keraguan banyak pihak lewat penampilan gemilangnya. Puncaknya, Kevin Mendoza ikut berjasa di balik keganasan Maung Bandung di semifinal serta final Championship Series BRI Liga 1 2023/2024.

Apa yang ditorehkan Kevin Mendoza membuat kelahiran Denmark, 29 September 1994, tercatat dalam sejarah emas Persib Bandung sepanjang masa.

Ia tak butuh waktu lama untuk mempersembahkan gelar juara bagi Bobotoh setelah tim kesayangan tak pernah lagi merasakan manisnya gelar juara sejak Liga Indonesia 1994. Bukankah itu sesuatu yang luar biasa?

 

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer