Sukses


Profil Grup D Euro 2024

Bola.com, Stuttgart - Dua penantang gelar juara dan dua kuda hitam. Narasi itu dapat mendeskripsikan peta persaingan Grup D Euro 2024 yang diisi oleh Timnas Polandia, Timnas Belanda, Timnas Austria, dan Timnas Prancis.

Polandia lolos ke Euro 2024 lewat jalur play-off. Sementara, Belanda dan Austria sama-sama berstatus runner-up di babak kualifikasi. Prancis paling berbeda. Tim berjulukan Les Blues itu menjadi juara grup.

Belanda dan Prancis seolah tidak bisa dipisahkan. Kedua kesebelasan sudah satu grup di Kualifikasi Euro 2024. Les Blues unggul segalanya atas pasukan Ronald Koeman itu, menang 4-0 dalam leg pertama dan 2-1 pada pertemuan kedua.

Prancis menjadi peserta Grup D dengan gelar terbanyak di Euro. Dalam sebelas kali partisipasinya, The Blues dua kali merebutnya pada 1984 dan 2000. Trofi turnamen ini paling banyak diraih oleh Timnas Jerman dan Timnas Spanyol dengan tiga gelar.

Sedangkan, Belanda keluar sekali sebagai pemenang Euro pada 1988. Pencapaian tertinggi Polandia baru sebatas perempat final pada 2016 dan Austria 16 besar pada 2020.

Prancis masih mencoba untuk terus melanggengkan eksistensi generasi emasnya yang telah mencapai klimaksnya pada 2018. Ketika itu, Les Blues menjadi juara Piala Dunia di Rusia.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Para Tulang Punggung

Pelatih Les Blues, Didier Deschamps, masih memberikan kepercayaan kepada nama-nama seperti Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, Ousmane Dembele, Olivier Giroud, N'Golo Kante, hingga Benjamin Pavard.

Lantas, bagaimana dengan Belanda? Tim dengan sebutan lain Der Oranje itu masih dihuni dengan kombinasi pemain senior semodel Virgil van Dijk dan Memphis Depay yang dikombinasikan dengan darah segar layaknya Frenkie de Jong serta Xavi Simons.

Polandia masih belum bisa hidup tanpa Robert Lewandowski. Meski telah berusia 35 tahun, striker asal Barcelona itu yang bermodalkan 82 gol dalam 148 caps untuk negaranya ini tetap dibawa ke Euro 2024.

Untuk Euro 2024, Austria masih dipimpin oleh dua pemain yang paling berpengalaman di skuadnya, Marko Arnautovic dan Marcel Sabitzer. Jika ditotal, keduanya sudah tampil 190 kali dengan perolehan 53 gol.

3 dari 4 halaman

Formasi Ideal Grup D Euro 2024

Timnas Polandia (3-4-1-2): Wojciech Szczesny; Jan Bednarek, Pawel Dawidowicz, Jakub Kiwior; Przemyslaw Frankowski, Jakub Piotrowski, Bartosz Slisz, Nicola Zalewski; Piotr Zielinski; Robert Lewanodwski, Karol Swiderski

Pelatih: Michal Probierz

Timnas Belanda (3-4-3): Bart Verbruggen; Matthijs de Ligt, Virgil van Dijk, Nathan Ake; Denzel Dumfries, Tijjani Reijnders, Frenkie de Jong, Danny Blind; Malen, Memphis Depay, Xavi Simons

Pelatih: Ronald Koeman

Timnas Austria (4-2-3-1): Patrick Pentz; Stefan Posch, Philipp Lienhart, Maximilian Wober, Philipp Mwene; Nicolas Seiwald, Konrad Laimer; Christoph Baumgartner, Marcel Sabitzer, Romano Schmid; Marko Arnautovic

Pelatih: Ralf Rangnick

Timnas Prancis (4-2-3-1): Mike Maignan; Jules Kounde, Benjamin Pavard, William Saliba, Theo Hernandez; Aurelien Tchouameni, Eduardo Camavinga; Ousmane Dembele, Antoine Griezmann, Kylian Mbappe; Olivier Giroud

Pelatih: Didier Deschamp

4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan Grup D Euro 2024

16 Juni 2024

Polandia Vs Belanda - Volksparkstadion, Hamburg

Austria Vs Prancis - Dusseldorf Arena, Dusseldorf

21 Juni 2024

Polandia Vs Austria - Olympiastadion, Berlin

Belanda Vs Prancis - Leipzig Stadium, Leipzig

25 Juni 2024

Belanda Vs Austria - Olympiastadion, Berlin

Prancis Vs Polandia - BVB Stadion Dortmund, Dortmund

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer