Sukses


Kapten Timnas Indonesia Buka Suara soal Lapangan GBK yang Burik: Sudah Diperingatkan sejak Beberapa Minggu Lalu

Bola.com, Jakarta - Kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, tidak puas dengan kondisi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, setelah kalah dari Timnas Irak.

Timnas Indonesia takluk 0-2 dari Irak dalam partai kelima Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada Kamis (6/6/2024) sore WIB.

Dua gol Irak yang bersarang di gawang Timnas Indonesia dicetak Aymen Hussein lewat tendangan penalti pada menit ke-54 dan Ali Jassim pada menit ke-88.

Timnas Indonesia nyaris kebobolan lagi pada menit ke-74. Namun, sepakan 12 pas Aymen Hussein melambung di atas mistar gawang tim berjulukan Skuad Garuda tersebut.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Main di Babak Kedua

Asnawi Mangkualam baru bermain pada menit ke-65. Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memasukkannya untuk menggantikan Sandy Walsh.

Asnawi makin heran karena Timnas Indonesia sudah bermain di atas lapangan buruk SUGBK sejak menang 1-0 atas Timnas Vietnam pada 21 Maret 2024.

"Kondisi lapangan hari ini memang kurang baik dan memang sudah diperingatkan sejak beberapa minggu sebelumnya kalau SUGBK diharapkan jauh lebih baik ketimbang laga kontra Timnas Vietnam," ujar Asnawi dalam konferensi pers setelah pertandingan.

 

3 dari 4 halaman

Rumput Jadi Sorotan Melulu

Rumput SUGBK memang kembali menjadi sorotan. Sebab, rumput belum tumbuh dengan sempurna dan berwarna cokelat di beberapa titik. Sebelumnya, SUGBK dipakai untuk konser boyband asal Korea Selatan, NCT Dream, pada 18 Mei 2024.

"Memang ada perubahan. Tetapi, tidak jauh berbeda. Beberapa struktur lapangan yang tidak rata cukup berpengaruh juga buat para pemain," ucap Asnawi Mangkualam.

Selanjutnya, Timnas Indonesia akan berlaga di SUGBK lagi untuk meladeni perlawanan Timnas Filipina dalam matchday terakhir Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 11 Juni 2024.

4 dari 4 halaman

Klasemen Sementara

Grup F

 Posisi Negara Main Menang Seri Kalah SG Poin
1  Irak  5  5  0  0  14-1  15
2  Timnas Indonesia  5  2  1  2  6-8  7
3  Vietnam  4  1  0  3  2-5  3
4  Filipina  4  0   1  3  1-9  1
Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer