Sukses


Shin Tae-yong Bela Jordi Amat yang Dikartu Merah saat Timnas Indonesia Dihajar Irak: Dia Pemain Terbaik, Kesalahannya Bukan karena Usia

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, pasang badan kepada Jordi Amat yang dikartu merah ketika berhadapan dengan Timnas Irak dalam lanjutan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Timnas Indonesia keok 0-2 dari Irak dalam partai kelima Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada Selasa (6/6/2024) sore WIB.

Gawang Timnas Indonesia dibobol oleh tendangan penalti Aymen Hussein pada menit ke-54 dan Ali Jassim pada menit ke-88.

Pada menit ke-59, tim berjulukan Skuad Garuda itu harus bermain dengan sepuluh orang. Sebab, Jordi Amat diganjar kartu merah oleh wasit Shaun Evans.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Penilaian Shin Tae-yong

Jordi Amat melakukan pelanggaran keras terhadap winger Irak, Youssef Wali Amyn. Bek asal Johor Darul Ta'zim (JDT) itu menjadi pemain outfield terakhir Timnas Indonesia.

"Saya melihat Jordi Amat adalah pemain terbaik dan saya tidak melihat kesalahan-kesalahannya sebagai faktor usia," ucap Shin Tae-yong dalam konferensi pers setelah pertandingan.

Jordi Amat menjadi pemain tertua di Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026. Mantan palang pintu Swansea City dan Real Betis itu berusia 32 tahun.

3 dari 5 halaman

Dipuji Shin Tae-yong

"Kalau dilihat secara keseluruhan, Jordi Amat sebenarnya tampil sangat baik. Hanya saja, kesalahan terakhir itu yang membuat Timnas Indonesia sulit karena dia mendapatkan kartu merah," ungkap Shin Tae-yong.

"Namun, untuk kesalahan itu, Jordi Amat akan mengecek dan bakal mengevaluasi diri," ucap arsitek asal Korea Selatan berusia 53 tahun tersebut.

Jordi Amat bakal absen karena akumulasi kartu ketika Timnas Indonesia menjamu Timnas Filipina dalam matchday terakhir Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 di SUGBK pada 11 Juni 2024.

4 dari 5 halaman

Klasemen Sementara

Grup F

 Posisi Negara Main Menang Seri Kalah SG Poin
1  Irak  5  5  0  0  14-1  15
2  Timnas Indonesia  5  2  1  2  6-8  7
3  Vietnam  4  1  0  3  2-5  3
4  Filipina  4  0   1  3  1-9  1
5 dari 5 halaman

Susunan Pemain

Timnas Indonesia (3-4-3): Ernando Ari; Rizky Ridho, Jordi Amat, Justin Hubner; Shayne Pattynama, Thom Haye, Nathan Tjoe A On, Sandy Walsh; Marselino Ferdinan, Rafael Struick, Ragnar Oratmangoen.

Pelatih: Shin Tae-yong

Timnas Irak (4-2-3-1): Jalal Hassan; Hussein Haydar Ali, Suad Natiq Naji, Rebin Ghareeb Adhamat, Ahmed Yahya Al Hajjaj; Ibrahim Bayesh Al-Kaabawi, Bashar Resan Bonyan, Zidane Iqbal, Amir Fouad, Osamah Jabbar Rashid, Aymen Hussein

Pelatih: Jesus Casas

Video Populer

Foto Populer