Sukses


Irak Jadi Momok Tak Mengenakkan bagi Jordi Amat, Nasibmu Apes Terus Mat

Bola.com, Jakarta - Jordi Amat pasti tak akan pernah melupakan pertarungannya dengan para penggawa Irak ketika membela Timnas Indonesia. Pada dua pertemuan, sang pemain asal klub JDT tersebut terkena 'sial'.

Bek tengah kelahiran Canet de Mar, Spanyol, ini seolah tak bernasib baik ketika berjumpa dengan Irak. Dalam dua pertemuan di fase Kualifikasi Piala Dunia 2026, Jordi Amat menjadi pesakitan.

Pada perjumpaan pertama di markas Irak, 16 November 2023, Jordi Amat membuat gol bunuh diri. Saat itu, ia bermaksud membuang bola dengan kepala. Sayang, sundulannya justru merobek jala Nadeo, pada menit ke-35.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Bunuh Diri

Gol bunuh diri Jordi Amat membuat Timnas Indonesia tertinggal 0-2, setelah Bashar Resan Bonyan mencetak gol pembuka Irak pada menit ke-20. Tiga gol lain dari Irak datang via aksi Osama Jabbar (60'), Youssef Amyn (81') dan Ali Ibrahim Al-Hamadi (88'). Gol tunggal Timnas Indonesia berkat sumbangsih Shayne Pattynama, tiga menit injury time babak pertama.

Kesialan Jordi Amat ketika bersua Irak terjadi lagi tadi sore. Pada laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jordi menerima kartu merah dari wasit.

Latarnya adalah pelanggaran keras sang kapten terhadap pemain Irak, Youssef Amyn. Kenyataan tersebut membuat Timnas Indonesia hanya memiliki 10 pemain di lapangan, sehingga kesulitan membongkar permainan tim tamu.

 

3 dari 3 halaman

Kerja Keras

Pada akhirnya, Irak mencetak satu gol lagi pada menit ke-88, melalui Ali Jasim. Aksi sang pemain pengganti membuat Timnas Indonesia menyelesaikan laga dengan kekalahan 0-2.

Hasil negatif ini membuat Timnas Indonesia wajib menang pada laga terakhir Grup F, Selasa (11/6/2024). Filipina akan datang ke GBK sebagai 'calon korban' yang tak boleh mendapat kesempatan bernapas sedikitpun.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memastikan anak asuhnya bakal bangkit dan memetik tiga angka dari Filipina. "Para pemain sudah bekerja keras. Kekalahan ini membuat kami harus berusaha lebih keras lagi," tegasnya.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer