Sukses


BRI Liga 1: Persebaya Pertahankan Lagi 2 Pemain Lokal, Ini Alasannya

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya secara resmi telah mengumumkan mempertahankan dua pemain lokal. Mereka adalah winger kanan Kasim Botan dan gelandang Andre Oktaviansyah.

Dua nama ini dipastikan akan menjadi bagian skuad Persebaya Surabaya di Liga 1 2023/2024. Mereka menambah stok pemain lokal Persebaya yang masih memiliki kontrak macam Ernando Ari, Muhammad Hidayat, hingga Oktafianus Fernando.

“Kasim Botan dan Andre ”Cobra” Oktaviansyah dipastikan melanjutkan kebersamaan bersama Persebaya. Kasim dan Cobra musim lalu telah membuktikan konsistensi dan peran besarnya untuk Persebaya,” demikian pernyataan resmi klub, Jumat (7/6/2024). 

Nama Andre pertama kali dikenal publik nasional setelah menjadi bagian integral Timnas Indonesia U-16 arahan Fakhri Husaini. Saat itu, dia menjuarai Piala AFF U-16 2018 yang digelar di Sidoarjo.

Andre Oktaviansyah digadang- gadang bakal menjadi gelandang terbaik di Indonesia. Setelah turnamen Piala AFF U-16 2018, dia lantas mengikuti Program Garuda Select di Inggris.

Sayangnya, Andre mengalami cedera lutut dan harus naik meja operasi. Awal tahun 2020, ia dipanggil lagi ke Inggris untuk menjalani pemulihan pasca cedera.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Andre Oktaviansyah Tak Tergantikan

Andre Oktaviansyah baru mengawali karier profesional di Liga 1 2021/2022 bersama Persikabo 1973. Tampil dalam 25 laga, dia banyak mengawali pertandingan dari bangku cadangan dan membukukan dua assist.

Baru pada Liga 1 2022/2023, dia hijrah ke Persebaya. Total, Andre telah membukukan sebanyak 38 penampilan sampai musim ini. Perannya hampir tak tergantikan selama berada di bawah arahan pelatih Paul Munster.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Perkembangan Signifikan

Sedangkan Kasim Botan adalah pemain yang baru bergabung Persebaya sejak awal musim 2023/2024. Dia tercatat telah membukukan 30 penampilan dan piawai dimainkan di posisi winger kanan maupun bek kanan.

“Kasim bermain bagus di dua posisi sekaligus, winger kanan dan bek kanan. Sedangkan Cobra terus menunjukkan perkembangan yang signifikan. Coach Paul Munster bahkan menyebut Cobra sebagai salah seorang pemain muda paling berkembang di skuadnya,” demikian pernyataan resmi klub.

“Kasim maupun Cobra bertekad untuk berjuang lebih keras lagi bersama Persebaya. Membawa Bajol Ijo terbang lebih tinggi musim depan.”

Sayangnya, Persebaya harus puas menduduki posisi ke-12 klasemen akhir Liga 1 2023/2024 dengan 42 poin dari 34 laga. Hasil musim ini jadi yang terburuk bagi klub asal Kota Pahlawan itu dalam sejarah keikutsertaan Liga 1 sejak 2018.

 

4 dari 4 halaman

Daftar Bidikan

Untuk slot pemain asing, Persebaya masih mengumumkan dua pemain untuk musim depan. Satu di antaranya adalah winger asal Brasil, Bruno Moreira, yang telah memperpanjang kontrak sampai 2026.

Terbaru, Persebaya telah mengumumkan perekrutan striker asal Portugal, Flavio Silva, yang selama 1,5 musim terakhir membela Persik Kediri. Flavio Silva mencetak 23 gol bersama Persik dan ada di posisi kedua pencetak gol terbanyak BRI Liga 1 di bawah David da Silva.

Sejumlah nama disebut sudah menjalin kesepakatan, atau masih ada yang sebatas pembicaraan negosiasi. Satu di antaranya adalah gelandang Francisco Rivera yang membawa Madura United runner-up Liga 1 2023/2024.

Lalu, masih ada duo gelandang bertahan juga dalam bidikan, yakni Gilson Costa asal Portugal dan Mohammed Rashid yang merupakan pemain Timnas Palestina.   

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer