Sukses


Skenario Timnas Indonesia Dampingi Irak ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026: Yuk Bisa Yuk Kalahkan Filipina!

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia menelan kekalahan pada laga kelima Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dari Irak. Skuad Garuda kalah dua gol tanpa balas dari Singa Mesopotamia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (6/6/2024).

Gawang Ernando Ari dua kali kebobolan lewat eksekusi penalti Aymen Hussein pada menit ke-54 dan gol Ali Jasim pada menit ke-88.

Sementara itu Vietnam yang menjamu Filipina di My Dinh National Stadium, Hanoi, berhasil menang 3-2 atas Filipina dalam laga dramatis berbalas gol.

Nguyen Tien Linh mencetak brace untuk Vietnam pada menit ke-65 dan 76', plus Pham Tuan Hai mencetak gol penentu kemenangan pada masa injury time, 90'+5. Sementara dua gol Filipina dicetak Patrick Reichelt pada menit ke-62 dan Kevin Ingreso pada menit ke-89.

Dua hasil pertandingan itu membuat perebutan satu tiket dari Grup F untuk lolos ke putaran ketiga Piala Dunia 2026 zona Asia plus putaran final Piala Asia 2027 makin sengit. Timnas Indonesia dan Vietnam kini hanya terpaut satu poin.

Sementara Irak kukuh di puncak klasemen dengan 15 poin sempurna dari lima pertandingan, Timnas Indonesia tetap di peringkat kedua dengan 7 poin. Vietnam menempel ketat dengan 6 poin, sementara Filipina dipastikan tersingkir karena hanya memiliki satu poin.

Kondisi itu membuat dua laga terakhir Grup F yang dijalani Timnas Indonesia dan Vietnam masih akan sangat berpengaruh untuk lolos ke putaran selanjutnya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Wajib Gasak Filipina

Pertandingan terakhir Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia akan dimainkan pada Selasa (11/6/2024). Timnas Indonesia menjamu Filipina di SUGBK sementara Vietnam bertandang ke markas Irak pada Rabu (12/6/2024) dini hari WIB.

Mengingat laga yang dimainkan Vietnam dan Irak digelar tiga jam setelah pertandingan antara Timnas Indonesia kontra Filipina berakhir, tak ada opsi selain Tim Garuda memastikan kemenangan atas Filipina.

Jika Timnas Indonesia berhasil mengamankan tiga poin kala menjamu The Azkals, Vietnam tak akan punya kans untuk bisa lolos meski mencuri tiga poin di markas Irak.

Artinya, demi mengamankan slot di putaran selanjutnya, Timnas Indonesia harus memastikan nasibnya sendiri lewat kemenangan atas Filipina di pertandingan terakhir.

3 dari 5 halaman

Berharap Pada Hasil Pertandingan Lain

Melihat perjuangan Filipina yang berhasil mencetak dua gol di Hanoi, meski pada akhirnya kalah 2-3 dari Vietnam, artinya Timnas Indonesia juga tidak boleh meremehkan kekuatan The Azkals.

Fokus dan konsentrasi harus benar-benar dijaga oleh Asnawi Mangkualam dkk. jika tidak ingin terpeleset ketika melawan Filipina.

Namun, andai Filipina mampu membuat kejutan dengan menahan imbang atau bahkan menang atas Timnas Indonesia di SUGBK, bagaimana nasib tim asuhan Shin Tae-yong itu?

Jika itu yang terjadi, maka Timnas Indonesia harus menggantungkan nasibnya kepada Irak yang menjamu Vietnam. Jika Irak mampu mengalahkan Vietnam maka Tim Garuda tetap yang lolos ke putaran selanjutnya.

Namun, jika Vietnam yang menang di markas Irak, tentu The Golden Stars Warriors yang akan lolos ke putaran ketiga.

4 dari 5 halaman

Bagaimana Jika Punya yang Sama?

Lalu bagaimana jika Timnas Indonesia kalah dari Filipina dan Vietnam bermain imbang dengan Irak. Kedua tim akan memiliki jumlah poin yang sama.

Maka sesuai aturan, selisih gol dan produktivitas gol akan lebih dulu menjadi penentu sebelum head to head.

Situasi itu akan membuat Timnas Indonesia belum tentu berada di atas Vietnam meski secara head to head sebenarnya unggul karena dua kemenangan yang sudah diraih.

5 dari 5 halaman

Klasemen Sementara Grup F

Grup F

 Posisi Negara Main Menang Seri Kalah SG Poin
1  Irak  5  5  0  0  14-1  15
2  Timnas Indonesia  5  2  1  2  6-8  7
3  Vietnam  5  2  0  3  5-7  6
4  Filipina  5  0   1  4  3-12  1

Video Populer

Foto Populer