Sukses


Deretan Pemain Cadangan yang Bisa Jadi Pembeda Timnas Indonesia Lawan Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan menjalani laga hidup mati dalam lanjutan Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Tim berjulukan Skuad Garuda itu bakal menjamu Timnas Filipina.

Timnas Indonesia harus menang atas Filipina dalam partai ketiga Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada 11 Juni 2024.

Tiga poin memang tidak bisa ditawar lagi untuk Timnas Indonesia. Sebab, syarat itu harus dipenuhi agar tim berjulukan Skuad Garuda ini lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Dalam klasemen sementara Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Irak masih nomor satu dengan 15 poin dari lima pertandingan, disusul Timnas Indonesia lewat tujuh angka, Timnas Vietnam enam poin, dan Filipina satu angka.

Lantas, siapa saja pemain cadangan Timnas Indonesia ketika melawan Irak, yang bisa menjadi pembeda untuk menghadapi Filipina? Berikut Bola.com merangkum empat di antaranya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Yakob Sayuri

Yakob Sayuri bermain sebagai pengganti ketika Timnas Indonesia melawan Irak. Pemain asal PSM Makassar itu masuk pada menit ke-75 untuk menggantikan Rafael Struick.

Yakob Sayuri adalah pemain utama Timnas Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Maklum, pesepak bola berusia 26 tahun itu bisa bermain di beberapa posisi sayap kanan. Mulai dari fullback, wingback, hingga winger.

Yakob Sayuri mempunyai kecepatan yang berguna untuk Timnas Indonesia dalam mode menyerang. Namun, pemain asal Papua itu harus bersaing dengan Sandy Walsh hingga Asnawi Mangkualam di fullback kanan.

3 dari 5 halaman

Ivar Jenner

Ketika Timnas Indonesia menghadapi Irak, Ivar Jenner tergeser ke bangku cadangan. Nathan Tjoe-A-On lebih dipilih untuk berduet dengan Thom Haye di lini tengah Skuad Garuda.

Namun, Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia tetap memainkannya. Ivar Jenner beraksi di babak kedua untuk bertukar tempat dengan Thom Haye pada menit ke-65.

Senjata utama Ivar Jenner adalah umpan pendek dan panjangnya yang akurat. Kelebihannya itu dapat berguna untuk Timnas Indonesia yang memerlukan poin penuh atas Filipina.

4 dari 5 halaman

Jay Idzes

Jay Idzes terpaksa dicadangkan sewaktu Timnas Indonesia keok dari Irak. Sebab, bek klub Italia, Venezia, itu baru tiba di Jakarta pada sehari sebelum pertandingan.

Kondisi Jay Idzes masih belum memungkinkan untuk bermain karena jet lag. Namun, untuk melawan Filipina, palang pintu berusia 24 tahun itu seharusnya sudah bisa mengawal lini belakang Timnas Indonesia.

Jay Idzes bakal menggantikan posisi Jordi Amat. Pemain asal klub Malaysia, Johor Darul Ta'zim (JDT) itu akan absen melawan Filipina karena mendapatkan kartu merah kontra Irak.

5 dari 5 halaman

Pratama Arhan

Shin Tae-yong lebih memercayai Shayne Pattynama untuk mengisi pos wingback kiri Timnas Indonesia ketika melawan Irak. Pratama Arhan baru masuk di babak kedua untuk menggantikan pemain naturalisasi itu.

Arhan layak mendapatkan kesempatan untuk bermain sebagai starter saat melawan Filipina. Sebab, pemain berusia 22 tahun itu mempunyai kelebihan dalam lemparan jauh yang kerap berbuah peluang hingga menjadi gol.

Namun, Arhan masih harus bersaing dengan Calvin Verdonk. Dia dikabarkan sudah bisa membela Timnas Indonesia saat berhadapan dengan Filipina karena perpindahan federasinya telah selesai.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer