Sukses


Eks Penggawa Timnas Indonesia Setuju Kuota Pemain Asing Liga 1 Ditambah: Amunisi Lokal Jangan Takut Bersaing!

Bola.com, Jakarta - Kampanye para pemain Indonesia yang menolak wacana penambahan kuota pemain asing pada kompetisi Liga 1 musim depan mendapatkan respons dari mantan penggawa Timnas Indonesia, Zulkifli Syukur.

Di media sosial, para pesepak bola secara serempak mengunggah gambar dengan tulisan ‘Ini Sepak Bola Indonesia, Apakah Ini Sepak Bola Indonesia?’ di akun Instagramnya masing-masing pada Jumat (7/6/2024) malam WIB.

Kampanye ini digalang oleh pesepak bola untuk merespons rencana PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang ingin menambah kuota penggunaan pemain asing, dari enam menjadi delapan slot, pada musim depan.

Mantan pemain Timnas Indonesia, Zulkifli Syukur, justru memiliki sikap yang berbeda dibandingkan para juniornya dalam melihat persoalan ini. Lalu, apa kata eks bek kanan skuad Garuda itu?

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Tantangan Pemain Lokal

Zulkifli Syukur menjelaskan, penambahan kuota pemain asing ini semestinya tak membuat pemain lokal merasa was-was. Sebab, jika memang mereka punya kualitas, maka posisinya tak akan terancam.

Pemain yang pernah menjadi langganan Timnas Indonesia di periode 2010-2014 itu menyebut, bertambahnya jumlah pemain asing juga akan memberikan dampak positif pada kualitas kompetisi.

“Dengan adanya rumor mengenai penambahan jumlah pemain asing untuk musim depan, saya pikir ini adalah sebuah tantangan buat seluruh pemain lokal untuk membuktikan kualitasnya,” ujar Zulkifli Syukur melalui akun Instagramnya, Jumat (7/6/2024).

“Selain itu, kualitas kompetisi kita juga akan ikut terdongkrak, tetapi harus selektif juga dalam perekrutan pemain asing. Jangan karena harga murah, tapi kualitas dikesampingkan,” tambahnya.

3 dari 4 halaman

Demi Timnas Indonesia

Zulkifli menambahkan, upaya PSSI dan PT LIB untuk mendongkrak kualitas kompetisi ini diharapkan bisa membantu perkembangan para pemain lokal. Sebab, dengan meningkatnya kualitas pemain lokal, maka hal ini akan menjadi keuntungan Timnas Indonesia.

“Karena, ujung dari perencanaan ini akan berdampak besar bagi Timnas kita. Dengan kompetisi yang baik, akan melahirkan pemain berkualitas dan Timnas yang kuat,” ujar bek yang membawa Timnas Indonesia lolos final Piala AFF 2010 itu.

“Jangan takut bersaing, buktikan kualitas kalian, demi lambang garuda di dada #ewako #sudutpandangpribadi,” pelatih yang telah mengantongi Lisensi A AFC itu melanjutkan.

4 dari 4 halaman

Wacana 8 Pemain Asing

Berdasarkan pengumuman PT LIB, Liga 1 musim depan akan digelar pada 2 Agustus 2024. Setiap klub diperbolehkan mengontrak delapan pemain asing, dengan perincian enam pemain asing bebas dan dua dari Asia.

Dari delapan pemain asing tersebut, yang bisa bermain atau berada di lapangan adalah lima pemain asing bebas dan satu pemain Asia. Sisanya, dua pemain asing boleh berada di bangku cadangan.

Sementara itu, dua amunisi impor yang berada di bangku cadangan dapat bermain asalkan menggantikan pemain asing lainnya yang sudah bermain.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer