Sukses


Kiper Kelas Dunia pun Bisa Blunder, Legenda Persik Yakin Mental Ernando Ari Akan Pulih saat Timnas Indonesia Ladeni Filipina

Bola.com, Jakarta Timnas Indonesia akan melakoni laga pamungkas melawan Filipina pada ronde kedua Kualifikasi Zona Asia Grup F Piala Dunia 2026 di Stadion SUGBK Jakarta, Selasa (11/6/2024).

Pertandingan ini sangat krusial, karena jadi penentuan langkah Timnas Garuda ke putaran ketiga. Tentu saja beban sangat berat ada di pundak Shin Tae-yong dan anak buahnya. Pasalnya kemenangan jadi harga mati.

Apalagi kondisi mental pemain Timnas Indonesia baru saja terpuruk usai dipermalukan Irak. Tiga pemain jadi sorotan yakni Jordi Amat, Justin Hubner, dan Ernando Ari.

Pukulan terberat dialami Ernando Ari akibat blunder fatalnya yang berakibat gawang Indonesia kebobolan kali kedua lewat sontekan Ali Jassim menit ke-88. Namun, menurut Wahyudi, mental kiper Persebaya itu pasti bangkit ketika menghadapi Filipina nanti.

"Saya kok sangat yakin kepercayaan diri Ernando pulih lagi lawan Filipina. Soal blunder, kiper di belahan dunia pun pasti pernah melakukannya. Kiper Timnas Indonesia seperti Markus Horison dan Kurnia Meiga juga pernah. Tapi mereka bisa bangkit lagi," katanya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Sudah Matang

Di mata kiper legenda Persik saat juara Indonesia 2003 dan 2006 ini, Ernando sosok muda yang punya jam terbang tinggi di level Internasional bersama Timnas Indonesia mulai kelompok umur hingga level senior. 

"Ernando sudah ditempa di klub dan Timnas Indonesia sejak lama. Sebelumnya dia pernah bikin blunder di Piala AFF. Tapi dia tebus dengan main bagus di Piala Asia U-23," ucapnya.

Tambahan pula, lanjut Wahyudi, usai blunder Ernando Ari dapat pelukan dukungan dari rekan setim di skuad Garuda. "Sikap rekan-rekan di Timnas akan membesarkan hati dan tekad Ernando Ari tampil bagus dan lebih hati-hati lawan Filipina nanti," tuturnya.

3 dari 4 halaman

Belum Akan Rotasi

Wahyudi menebak pelatih Shin Tae-yong belum perlu melakukan rotasi dengan mengganti posisi kiper kepada Adi Satryo atau Nadeo Argawinata. 

"Saya kira Shin Tae-yong dan stafnya akan berhitung cermat soal rotasi kiper. Adi Satryo tampil apik saat ujicoba lawan Tanzania. Tapi tekanan di pertandingan itu tak terlalu besar. Sementara Nadeo jarang main bersama Borneo FC di akhir musim Liga 1 kemarin," jelasnya.

4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan

  • Selasa (11/6/2024)
  • Timnas Indonesia Vs Filipina
  • Stadion Gelora Bung Karno
  • Kick-off: 19.00 WIB
  • Siaran langsung: Indosiar
  • Live streaming: Vidio  
  • Link live streaming: https://www.vidio.com/live

Video Populer

Foto Populer