Sukses


Menanti Debut Dua Amunisi Anyar Timnas Indonesia saat Jumpa Filipina: Saatnya Pemain Lokal Terbaik BRI Liga Dapat Panggung?

Bola.com, Jakarta - Sejumlah amunisi anyar Timnas Indonesia menantikan kesempatan debut resmi saat menghadapi Filipina, pada laga pamungkas Grup F Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Momen debut ini berpotensi terjadi saat Timnas Indonesia menjamu Filipina dalam duel yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Selasa (11/6/2024) pukul 19.30 WIB.

Menjelang laga penentuan klasemen akhir Grup F ini, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memiliki sejumlah pemain yang belum mengukir penampilan resmi bersama skuad Merah Putih.

Lalu, bagaimana peluang para pemain tersebut mengukir debutnya saat Timnas Indonesia berduel melawan The Azkals pada pertandingan krusial ini. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Potensi Debut Calvin Verdonk

Shin Tae-yong masih memiliki satu pemain lagi di pos bek kiri yang belum bermain, yakni Calvin Verdonk. Pemain asal klub NEC Nijmegen ini sudah bisa didaftarkan saat Timnas Indonesia melawan Filipina.

"Calvin Verdonk bisa didaftarkan untuk pertandingan tanggal 11 Juni melawan Filipina, jadi untuk laga melawan Irak tidak akan bisa dimainkan," jelas Shin Tae-yong pada medio 5 Juni 2024 lalu.

Hadirnya Calvin Verdonk memang membuat persaingan pos bek kiri skuad Garuda semakin sesak. Sebab, sebelumnya sudah ada nama-nama seperti Pratama Arhan, Shayne Pattynama, hingga Nathan Tjoe-A-On.

Pada laga terakhir, Shayne jadi pemain yang mengisi starting XI, sedangkan Arhan baru turun pada babak kedua. Nathan pun digeser Shin Tae-yong ke lini tengah untuk menemani Thom Haye.

Melihat persaingan ini, bukan tidak mungkin Calvin bakal mengukir penampilan pertamanya sebagai pengganti. Sebab, dia masih membutuhkan waktu adaptasi untuk bisa merebut posisi starter di Timnas Indonesia.

 

3 dari 3 halaman

Menanti Aksi Malik Risaldi

Pemain berikutnya yang belum mendapatkan kesempatan bermain debut bersama Timnas Indonesia ialah Malik Risaldi. Winger Madura United ini sebetulnya sudah sempat bermain pada laga uji coba melawan Tanzania.

Namun, laga itu tak termasuk pertandingan resmi. Oleh karena itu, Malik Risaldi menjadi salah satu pemain yang paling dinantikan aksinya saat skuad Merah Putih menghadapi The Azkals pada laga ini.

Sebab, dia menjadi salah satu bintang baru di panggung BRI Liga 1 2023/2024. Kiprahnya bersama Madura United termasuk istimewa. Pemain asal Surabaya ini layak mendapat status sebagai pemain lokal paling bersinar musim ini.

Dari fase reguler series hingga championship series, winger berusia 27 tahun itu sukses mengukir 13 gol dan empat assist dari 36 pertandingan. Malik jadi salah satu pemain kunci yang membawa Madura United meraih gelar runner-up musim ini.

Apalagi, Shin Tae-yong telah mengisyaratkan bahwa pemanggilan Malik didasarkan pada kebutuhan Timnas Indonesia. "Malik memang pemain yang diperlukan oleh saya di tim," ujar pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Video Populer

Foto Populer