Sukses


5 Pemain Filipina Berkiprah BRI Liga 1, Bakal Dimainkan saat Hadapi Timnas Indonesia?

Bola.com, Jakarta - Timnas Filipina membawa 26 pemain untuk menghadapi Timnas Indonesia dalam laga terakhir Grup F fase kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Laga itu akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada Selasa (11/6/2024) malam WIB.

Menariknya, lima dari 26 pemain itu bermain di BRI Liga 1. Mereka adalah Kevin Ray Mendoza (Persib), Anthony Pinthus (PSS), Simen Lyngbo (Persik), OJ Porteria (Dewa United), dan Christian Rontini (Persita).

Kelima pemain itu tentu sudah mengenal karakter permainan sepak bola khas Indonesia. Sebab, mereka bertarung selama semusim di liga lokal.

Pelatih Timnas Filipina, Tom Saintfiet ditanya mengenai kemungkinan menurunkan para pemain BRI Liga 1 saat menghadapi Timnas Indonesia. Pelatih asal Belgia itu memberikan jawaban yang menarik.

"Saya tidak otomatis akan menurunkan pemain lawan Timnas Indonesia hanya karena mereka bermain di sini," katanya dalam sesi konferensi pers jelang laga, Senin (10/6/2024).

"Saya akan menurunkan pemain yang memang layak bermain," sambungnya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Janjikan Wajah Baru

Meski demikian, Tom Saintfiet tetap menjanjikan beberapa wajah baru di skuadnya saat menghadapi Timnas Indonesia. Paling tidak akan ada sedikit perubahan komposisi skuad dibandingkan saat kalah dari Timnas Vietnam beberapa hari lalu.

Timnas Filipina memang menelan kekalahan 2-3 di kandang Timnas Vietnam, Kamis (6/6/2024). Kekalahan itu menutup peluang mereka untuk melaju ke fase ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Tetapi mungkin saja besok akan ada 2-3 wajah baru dibanding laga melawan Vietnam. Dan mungkin saja akan ada pemain dari Liga Indonesia yang diturunkan," jelas Tom Saintfiet.

3 dari 4 halaman

Dukungan

Sementara itu kiper Timnas Filipina, Kevin Ray Mendoza, juga memiliki harapan menarik. Kiper berusia 29 tahun itu berharap banyak suporter Persib Bandung yang datang langsung ke Stadion Utama Gelora Bung Karno.

"Tentu saja, saya berharap beberapa suporter Persib bisa datang dan beberapa teman saya. Setidaknya saya punya beberapa teman," harapnya.

Kevin Ray Mendoza menjadi kiper utama Persib Bandung sejak paruh kedua BRI Liga 1 2023/2024. Mendoza menjadi bagian penting bagi skuad Maung Bandung yang berhasil menjadi juara.

4 dari 4 halaman

Skuad Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kiper: Neil Etheridge (Birmingham City/Inggris), Anthony Pinthus (PSS Sleman/Indonesia), Kevin Ray Mendoza (Persib Bandung/Indonesia)

Belakang: Kristoffer Reyes (Krabi/Thailand), Amani Aguinaldo (Trat/Thailand), Jesper Nyholm (Perak/Malaysia), Christian Rontini (Persita Tangerang/Indonesia), Paul Tabinas (Vukovar 1991/Kroasia), Simen Lyngbo (Persik/Indonesia), Jesse Curran (Ratchaburi/Thailand), Santiago Rublico (Atletico Madrid/Spanyol), Adrian Ugelvik (Levanger/Norwegia), dan Yrick Gallantes (One Taguig/Filipina)

Tengah: Oskari Kekkonen (Lamphun Warriors/Thailand), Michael Baldisimo (York United/Kanada), Matthew Baldisimo (San Jose Earthquakes/Amerika Serikat), Mark Swainston (Kaya Iloilo/Filipina), Kevin Ingreso (One Taguig/Filipina), Zico Bailey (New Mexico United/Amerika Serikat), Pocholo Bugas (Angkor Tiger/Kamboja), dan Scott Woods (Eik Tonsberg/Norwegia)

Depan: Jarvey Gayoso (Kaya-Iloilo/Filipina), Dylan Demutnck (Zulte Waregem/Belgia), Alex Monis (New England Revolution II/Amerika Serikat), Griffin McDaniel (Stallion Laguna/Filipina), OJ Porteria (Dewa United/Indonesia), Patrick Reichelt (Kuala Lumpur City/Malaysia), dan Jeremiah Borlongan (Dynamic Herb Cebu/Filipina)

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer